• Senin, 5 Desember 2022

Harga Cabai dan Bawang Merah di Banyuwangi Terus Merangkak Naik

- Sabtu, 5 Maret 2022 | 07:24 WIB
Harga cabai dan bawang merah di pasar Banyuwangi merangkak naik (Hariyadi)
Harga cabai dan bawang merah di pasar Banyuwangi merangkak naik (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Harga sembako mulai merangkat naik, mulai dari minyak goreng,kedelai, daging sapi, saat ini giliran harga cabai dan bawang merah juga meningkat hingga tiga kali lipat.

Salah seorang pedagang, Tia mengatakan kenaikan sudah dirasakan sejak dua pekan lalu. Harga cabai rawit dari yang sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram kini naik hingga Rp 75 ribu per kilogramnya.

Disusul juga harga cabai merah besar yang juga ikut meroket. Dari yang sebelumnya hanya 25 ribu per kilogramnya kini sudah menyentuh harga Rp 50 ribu.

Baca Juga: Melalui Rebound Centre, DPU Pengairan Banyuwangi Fokus Program Pembangunan dan Peningkatan Pelayanan

Bawang merah pun mengalami kenaikan, kendati tidak terlalu signifikan. Perkilogram dari sebelumnya hanya Rp 30 ribu kini menjadi Rp 36 ribu.

"Cabai rawit sudah 2 minggu ini naik. Sedangkan cabai merah dan bawang merah sejak 2 hari lalu. Bawang putih harganya tetap di harga Rp 25 ribu per kilogram," ucap Tia, Jumat 04 Maret 2022.

Efek dari kenaikan ini, ia pun terpaksa mengurangi jumlah kulakan. Biasanya sekali kulak mencapai 10 kg, semenjak naik dikurangi menjadi 5 kg.

"Ya terpaksa mengurangi. Konsumen pun juga ngeluh karena kenaikannya itu cukup tinggi. Akhirnya mereka juga mengurangi, biasanya beli 1 kg kini belanjanya cuma 1/2 kg saja," ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Gelar Sosialisasi Perpres Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Kembali Meletus , Hujan Abu Meluas

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:46 WIB

KPU RI Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilu 2024

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:42 WIB
X