• Minggu, 27 November 2022

Pemkab Banyuwangi Gelar Sosialisasi Perpres Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

- Jumat, 4 Maret 2022 | 17:27 WIB
Pemkab Banyuwangi menggelar sosialisasi Perpres No 12 tahun 2021 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah/banyuwangikab.go.id
Pemkab Banyuwangi menggelar sosialisasi Perpres No 12 tahun 2021 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah/banyuwangikab.go.id

KABAR RAKYAT - Pemkab Banyuwangi menggelar sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) No.12 tahun 2021tentann perubahan Perpres No. 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Jum’at 04 Maret 2022 bertempat di Pendopo Sabha Swagata Blambangan.

Diundang hadirkan dua pejabat LKPP untuk memberikan materi terkait regulasi tersebut, yakni Setya Budi Arijanta Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah LKPP dan Yulianto Direktur Pengembangan Sistem Katalog LKPP.

Penkab  Banyuwangi  menganggap penting sosialisasi regulasi tersebut untuk mendorong pemulihan ekonomi arus bawah. Saat ini Pemkab Banyuwangi mengupayakan  keterlibatan UMKM dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Baca Juga: Melalui Rebound Centre, DPU Pengairan Banyuwangi Fokus Program Pembangunan dan Peningkatan Pelayanan

Apalagi saat ini Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sedang menjalankan program pembuatan e-katalog nasional, sektoral, dan lokal, untuk menampung produk-produk UMKM berupa barang dan jasa yang dapat digunakan oleh pemerintah.

“Ini harus kita tangkap sebagai media untuk mengembangkan UMKM kita,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat membuka sosialisasi.

LKPP sendiri telah diamanatkan oleh Presiden Jokowi untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, sehingga 40 persen pengadaan barang dan jasa pemerintah dapat berasal dari UMKM.

“Kami optimis dengan program afirmatif dari pemerintah pusat ini akan bisa mengembangkan UMKM di daerah. UMKM diberi kesempatan untuk mengembangkan usahanya. Membeli produk lokal artinya ikut membantu pemulihan ekonomi nasional,” kata Ipuk.

Baca Juga: Banyuwangi Gelar Forum Rembug Bersama Perempuan, Anak dan Disabilitas untuk Tingkatkan Kualitas Program

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syaiful Anam Pimpin JMSI Jatim

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 16:34 WIB
X