• Jumat, 19 Agustus 2022

Yakin Sembuh! Penyakit Kanker Dapat Dicegah, Ahli Bedah Onkologi dr Monty Menjelaskan Ini

- Senin, 28 Februari 2022 | 11:03 WIB
Kanker payudara menduduki peringkat tinggi di Indonesia. (Foto: Pexels/Anna Tarazevich)
Kanker payudara menduduki peringkat tinggi di Indonesia. (Foto: Pexels/Anna Tarazevich)

KABAR RAKYAT - Sejumlah penyintas kanker dan pejuang kanker kasus di Jawa Barat, berkumpul merayakan Hari Kanker Dunia Tahun 2022, bertempat di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kemarin 27 Februari 2022.

Serangkaian kegiatan World Cancer Day digelar oleh Priangan Cancer Care (PrCC) dengan tujuan memberi pemahaman bahwa penyakit kanker sebenarnya 30 persennya bisa dicegah.

Pencegahan kanker bisa dilakukan dan penting dilakukan deteksi dini. Tujuannya untuk mengurangi beban dan pembiayaan agar hasilnya bisa terlihat nyata.

Ketua Pembina Priangan Cancer Care (PrCC) dr Monty Priosodewo Soemitro, Ahli bedah onkologi, menyampaikan penjelasan tersebut. Bahwa 30 persen kanker bisa dicegah.

Baca Juga: Kasus Konfirmasi Harian Covid-19 Disebut Menurun, Kemenkes : Pandemi Menuju Era Endemi

"30 persen bisa dicegah dan penting untuk melakukan deteksi dini. Kenapa? karena deteksi dini bisa kurangi beban dan pembiayaan dan prospeknya akan lebih baik. Itu sebabnya kita adakan serial dengan dokter umum, dengan awam kemarin dengan rotary club dan hari ini kita kumpul untuk memperingati puncaknya bersama survivor dan warrior," ujar dr Monty diacara peringatan kanker sedunia, digelar di Lembang, dilansir Pikiran-Rakyat.com, Minggu 27 Februari 2022, dan dikutip Kabar Rakyat, 28 Februari 2022.

Berita ini telah tayang di Pikiran-Rakyat.com, berjudul: Sebut 30 Persen Penyakit Kanker dapat Disembuhkan, Ahli Bedah Peringatkan Deteksi Dini

Sayangnya, pencegahan kanker tersebut masih dirasa kurang.

Menurut Monty, berdasarkan data kemenkes 2019 wawasan sosialisasi sadari (pemeriksaan payudara sendiri) dan sadanis (pemeriksaan payudara klinis) wanita usia subur di Jawa Barat terbilang rendah. Jabar ada di urutan 4-5 terbawah.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: pikiran-rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X