• Sabtu, 31 Juli 2021

Wagub Emil Ajak Pemuda Bela Negara Lewat Kampanye Swadesi

- Minggu, 13 Juni 2021 | 04:11 WIB
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat menghadiri Pendidikan Bela Negara 2021 yang diselenggarakan Kwarcab Pramuka Lamongan di Kantor Pemkab Lamongan
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat menghadiri Pendidikan Bela Negara 2021 yang diselenggarakan Kwarcab Pramuka Lamongan di Kantor Pemkab Lamongan

KABAR RAKYAT - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak kepada para pemuda Jatim untuk melakukan bela negara melalui cara yang berbeda. Salah satunya lewat penerapan gerakan Swadesi.

 

Gerakan Swadesi sendiri, sebut Emil, adalah gerakan yang diinisiasi oleh Mahatma Gandhi saat ingin menjadikan India Independen. Dimana masyarakat diajak untuk senantiasa menggunakan produk-produk buatan dalam negeri tanpa bergantung pada impor dari negara lain.

 

Gerakan ini harus diawali dari pergeseran pola pikir. Mengingat tren terhadap konsumsi produk luar negeri, maka dirinya mengajak kepada para pemuda di Jatim untuk meninggalkan gaya hidup konsumtif dan mulai menjadi produktif.

Baca Juga: 'Tangan Terbuka' Bupati Bondowoso Terima Program Kemkominfo Para Pemuda Ikut Digital Talent Scholarship

"Realita ekonomi tidak bisa dihilangkan dari bela negara. Bela negara tidak perlu dalam bentuk fisik dan peperangan. Sekarang semuanya bisa dilakukan dengan berpikir di luar kotak atau think outside the box," ungkap Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat menghadiri Pendidikan Bela Negara 2021 yang diselenggarakan Kwarcab Pramuka Lamongan di Kantor Pemkab Lamongan, Sabtu (12/6) malam. 

 

Emil menyebut, Swadesi merupakan upaya yang dapat diterapkan oleh para pemuda Indonesia sebagai usaha membela negara dari ancaman Neokolonialisme.

Halaman:

Editor: Budi Setiawan

Sumber: Humas Provinsi Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Satgas Covid 19 Jamanis Kukuhkan Tim Pemulasaran

Jumat, 30 Juli 2021 | 05:49 WIB
X