• Minggu, 13 Juni 2021

Gubernur Khofifah Minta Koperasi dan UMKM Difasilitasi Akses Penguatan SDM, Pasar dan Permodalan

- Jumat, 11 Juni 2021 | 17:48 WIB
Penandatanganan Nota Kesepahaman dari Pemprov Jatim, Bank Indonesia Kanwil Jatim, Universitas Ma Chung, dan PT Sasa Inti
Penandatanganan Nota Kesepahaman dari Pemprov Jatim, Bank Indonesia Kanwil Jatim, Universitas Ma Chung, dan PT Sasa Inti

KABAR RAKYAT - Kontribusi Koperasi dan UMKM terhadap perekonomian Jatim pada tri wulan - I tahun 2021 tercatat  sebesar 57.25 % terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim.

 

Melihat besarnya potensi tersebut,  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta kepada Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jawa Timur untuk lebih banyak diberi akses penguatan SFM,  perluasan pasar serta   permodalan guna mengembangkan usahanya.

 

"Saya mendorong agar Dinas Koperasi di provinsi, kabupaten/kota untuk dapat memberikan akses seluas luasnya. Utamanya, guna mengembangkan varian dan kualitas produk, penguatan SDM  dan dipermudah akses permodalan bagi usahanya. Salah satunya, lewat event atau kegiatan yang memberikan ruang bagi pelaku IKM dan KUKM agar bisa bergabung didalamnya," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat membuka Rapat Koordinasi Program Prioritas Pemberdayaan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (K-UKM) Jatim di Hotel Aria Gajayana Malang, Kamis (10/6) malam.

Baca Juga: Mahasiswa Tasikmalaya Buka Posko Pengaduan Masyarakat yang Tidak Mendapat Layanan Publik Terkait Covid-19 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, salah satu akses kemudahan yang diberikan adalah dengan dilibatkannya para pelaku K-UKM Jatim pada event berskala nasional maupun internasional.  Seperti pada bulan Agustus 2021 mendatang giliran  Provinsi Jawa Timur akan menjadi tuan rumah  program nasional  Bangga Buatan Indonesia dikordinasikan BRI bersama Bank Indonesia.

 

Lewat event tersebut,  diharapkan bisa memompa semangat kebangkitan KUMKM Jawa Timur sekaligus sebagai   pengembangan pasar bagi para pelaku IKM dan UKM.

Halaman:

Editor: Budi Setiawan

Sumber: Humas Provinsi Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X