• Jumat, 19 Agustus 2022

Krisis Ukraina, Presiden AS Biden Akan Lakukan Hal Ini Jika Rusia Mulai Menginvasi

- Selasa, 8 Februari 2022 | 09:45 WIB
Ketegangan Rusia vs Ukraina masih memanas
Ketegangan Rusia vs Ukraina masih memanas

KABAR RAKYAT - Presiden AS Joe Biden telah berjanji untuk menutup pipa gas utama Rusia ke Jerman jika Moskow menginvasi Ukraina.

Berbicara setelah pembicaraan dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz di Washington, Biden mengatakan AS akan menutup jalur pipa Nord Stream 2.

Pembicaraan mereka terjadi ketika Presiden Prancis Emmanuel Macron bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow dan menyatakan harapan bahwa perang dapat dihindari.

Baca Juga: Diminati Dunia Internasional, Berikut Keunggulan Pesawat CN 235 Buatan Indonesia

Ada kekhawatiran Barat yang berkembang akan invasi Rusia, yang dibantah Moskow. Rusia saat ini memiliki lebih dari 100.000 tentara yang berkumpul di perbatasan Ukraina.

Para pejabat AS mengatakan pada hari Minggu (6/2) lalu bahwa Rusia telah mengumpulkan 70 persen pasukan militer yang dibutuhkan untuk invasi skala penuh.

Dalam beberapa pekan terakhir, Moskow telah menuntut agar aliansi militer Barat NATO melarang Ukraina menjadi anggota, dan bahwa kelompok itu memangkas jumlah pasukannya di Eropa timur.

Baca Juga: Hasil Tes Swab Antigen, Sebanyak 7 Murid SDN di Situbondo Terindikasi Positif Covid-19

NATO telah menolak kedua tuntutan tersebut. Ia malah menyarankan pembicaraan di bidang lain, seperti membatasi senjata nuklir.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: BBC

Tags

Terkini

X