• Senin, 5 Desember 2022

Kementrian Haji Arab Saudi Apresiasi Kedisiplinan Jamaah Umroh dari Indonesia

- Jumat, 4 Februari 2022 | 16:31 WIB
Ilustrasi pengunjung Masjidil Haram Mekkah (Konevi/Pixabay)
Ilustrasi pengunjung Masjidil Haram Mekkah (Konevi/Pixabay)

KABAR RAKYAT - Pemerintah Arab Saudi mengapresiasi kedisiplinan jemaah Indonesia saat menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci. Apresiasi ini disampaikan baik oleh Kedubes Arab Saudi di Jakarta maupun pihak Kementerian Haji Arab Saudi.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengatakan telah bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Esam Bin Ahmed Abed Al Taghafi.

Komunikasi dengan pihak Arab Saudi juga terus dijalin. Menurutnya, koordinasi sangat penting sebagai acuan utama komitmen Kementerian Agama dengan Pemerintah Arab Saudi untuk melakukan Ibadah Umrah sesuai prosedur yang berlaku.

Baca Juga: Bank Indonesia dan TNI AL Gelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022, Permudah Masyarakat Terdepan Dapat Uang Layak

"Alhamdulillah, hasil dari komunikasi Kementerian Agama dengan Menteri Haji Arab Saudi, bahwa update di Arab Saudi, tidak ada jemaah umrah yang bermasalah dokumennya," jelas Hilman Kamis, (3/2/2022) dikutip dari laman resmi Kemenag.

"Update terkait dengan keaslian dan kelengkapan dokumen, sesuai dengan komitmen Kementerian Agama dengan Menteri Haji Arab Saudi. Dokumen jemaah umrah alhamdulillah aman semua dan mereka dapat menjalankan ibadah umrah sesuai prosedur," tambahnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Serahkan SK Hutan Sosial TORA pada Ribuan Masyarakat Secara Virtual, Termasuk Warga Jawa Timur

Kementerian Agama, lanjut Hilman, berkomitmen untuk terus memupuk kepercayaan ini. Pihaknya akan mengawal agar jemaah umrah Indonesia tetap bisa disiplin dan memenuhi persyaratan yang berlaku.

"Peran Kementerian Agama dalam membangun kepercayaan itu cukup berat. Namun, kita akan terus pupuk dan terus berkomunikasi secara intensif, baik di dalam atau luar negeri sehingga jemaah umrah dapat terus menjalankan ibadah sesuai prosedur," pungkasnya. ***

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Kembali Meletus , Hujan Abu Meluas

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:46 WIB
X