Pemimpin Korut Kim Jong Un Bersama Istri Kembali Tampil Dihadapan Publik Sejak September 2021

- Rabu, 2 Februari 2022 | 14:40 WIB
Korea Utara (Foto:  twitter.com/thehill)
Korea Utara (Foto: twitter.com/thehill)

KABAR RAKYAT, Internasional - Istri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Ri Sol Ju, muncul di media pemerintah untuk pertama kalinya dalam hampir lima bulan pada hari Rabu, ketika keluarga yang berkuasa tetap bersikap rendah hati selama pandemi virus corona.

Kim dan Ri menghadiri pertunjukan seni di Teater Seni Mansudae di ibukota Pyongyang untuk merayakan liburan Tahun Baru Imlek, kata kantor berita resmi KCNA.

Dia terakhir terlihat di depan umum pada 9 September 2021, ketika dia bergabung dengan suaminya mengunjungi Istana Matahari Kumsusan, yang menampung jenazah kakek dan ayah mendiang Kim yang dibalsem, pada peringatan pendirian negara itu.

Baca Juga: Atasi Trauma Healing Vaksinasi, Siswa SD di Bondowoso Dipangku dan Diajak Tos oleh Polisi

"Ketika (Kim) muncul di auditorium teater bersama istrinya, Ri Sol Ju, di tengah pemutaran musik selamat datang, para penonton mengangkat sorakan Hore!" dikutip dari Reuters sekaligus menambahkan pasangan itu naik ke panggung setelah pertunjukan dengan tampil berjabat tangan dan berfoto bersama para artis.

Ri pernah mendapat perhatian internasional karena dia sering menemani Kim dalam acara sosial, bisnis, dan bahkan militer, berbeda dengan ayahnya, Kim Jong Il, yang jarang terlihat di depan umum dengan salah satu istrinya.

Baca Juga: Berikut Ini 5 Destinasi Wisata Menarik di Madrid Ibukota Spanyol yang Wajib Dikunjungi

Dia telah menghilang dari media pemerintah selama lebih dari setahun sebelum terlihat menghadiri konser Februari lalu, memicu spekulasi tentang kesehatan dan potensi kehamilannya.

Badan Intelijen Nasional Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia tampaknya menahan diri dari kegiatan di luar untuk mencegah infeksi COVID-19 tetapi "bermain baik dengan anak-anak mereka."

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: Reuters, KCNA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X