• Minggu, 22 Mei 2022

Sarana Pemulihan Ekonomi, Besok Ajang Pariwisata Banyuwangi Festival (B-Fest) 2022 Diluncurkan

- Selasa, 25 Januari 2022 | 13:48 WIB
Salah satu ajang banyuwangi Festival "Gandrung Sewu" (Hariyadi)
Salah satu ajang banyuwangi Festival "Gandrung Sewu" (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa Kembali akan menggelar beragam ajang seni budaya,olaraga,tradisi hingga wisata alam yang dirangkai dalam Banyuwangi Festival (B-Fest) 2022.

Peluncuran atraksi pariwisata bertajuk B-Fest 2022 akan dilakukan besok pada hari Rabu (26/01) bertempat di Gedung Seni Budaya (Gesibu) Blambangan.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, Banyuwangi Festival menjadi sarana untuk menggapai tiga hal. Pertama, merawat dan mengembangkan beragam kearifan lokal di Bumi Blambabgan, mulai dari seni, budaya, hingga relasi sosial antar-umat. Kedua, mendorong pemulihan ekonomi lewat beragam atraksi yang digelar.

Baca Juga: Sebelas Makanan Khas Perayaan Imlek,Makna dan Filosofinya

“Kita harapkan pelaku seni-budaya, pelaku wisata, kuliner, UMKM, oleh-oleh bergerak, sehingga memicu berbagai sektor lain termasuk pertanian-perikanan. Ini termasuk bagian dari gerakan Banyuwangi Rebound pada aspek pemulihan ekonomi,” jelas Ipuk seperti dikutip Kabar Rakyat dari banyuwangikab.go.id,Selasa 25 Januari 2022.

Adapun yang ketiga adalah menjadi sarana konsolidasi gerak pemerintah daerah dan seluruh stakeholder yang ada. “Di sini ada gotong royong, karena pemda bersama masyarakat bergerak bersama dalam setiap atraksi. Kemudian juga melebur ego sektoral, karena semua organisasi perangkat daerah saling support dalam menjalankan program ini,” tutur Ipuk. 

Penyelenggaraan B-Fest sendiri, lanjut Ipuk, akan menerapkan hybrid concept yang memadukan sistem pertunjukan daring dan luring sekaligus. Hal ini sebagai siasat di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

Baca Juga: Ikon BRK Tak Setenar Dulu Dampak Pandemi ,Diskoperindag Akui Ekspor Kopi tetap Jalan

“Tentu saja, di tengah pandemi ini, untuk pelaksanaanya tetap menggunakan hybrid concept. Kita rancang sedemikian rupa agar tetap memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penonton maupun bagi para pelaku kesenian,” terangnya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X