• Selasa, 24 Mei 2022

BPBD Banyuwangi Miliki Alat Canggih Deteksi Gempa dan Tsunami Terkoneksi Dengan BMKG

- Senin, 17 Januari 2022 | 15:44 WIB
Kasie Pencegahan BPBD Banyuwangi Yusuf Arif saat menjelaskan kerja alat canggih deteksi gempa dan tsunami (Hariyadi)
Kasie Pencegahan BPBD Banyuwangi Yusuf Arif saat menjelaskan kerja alat canggih deteksi gempa dan tsunami (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi kini memiliki alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami.

Nama alat tersebut adalah Warning Receiver System New Generation (WRS New Generation) atau alat deteksi gempa dan tsunami.

Kasi Pencegahan BPBD Banyuwangi, Yusuf Arif mengatakan, alat WRS New Generation ini merupakan aset Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang ditempatkan di kantor BPBD setempat sejak Juni 2021.

Baca Juga: Salam dari Banyuwangi Minum Bebas Miras Viral, Warganet Bereaksi Begini

Alat tersebut berfungsi mendeteksi titik gempa hingga gempa yang berpotensi tsunami. Dimana, bila terjadi gempa dengan magnitudo tertentu yang berpotensi tsunami, maka akan terbaca di alat tersebut.

"Jika berpotensi tsunami maka diinformasikan pada masyarakat, sehingga diimbau untuk melakukan evakuasi mandiri secepatnya berdasarkan informasi dari alat WRS New Gen ini," ucap Yusuf, Senin,17 Januari 2022.

Yusuf menjelaskan, alat tersebut terkoneksi dengan alat deteksi gempa BMKG di seluruh Indonesia. Jika terjadi gempa di titik tertentu, sirine early warning system (EWS) atau alat deteksi dini bencana tsunami akan dibunyikan.

Baca Juga: Catat Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Satpas Polresta Banyuwangi Tanggal 17, 19, 20 Januari 2022

"Sirine berbunyi jika terjadi baik gempa tidak berpotensi tsunami, begitu pula jika gempa itu berpotensi tsunami. Bila berpotensi tsunami, kita akan membunyikan sirine EWS yang sudah dipasang di beberapa titik," katanya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X