• Jumat, 27 Mei 2022

Enam Tips Mencegah Osteoporosis Sejak Dini, Salah Satunya Olaraga

- Selasa, 11 Januari 2022 | 18:51 WIB
Ilustrasi Osteoporosis/Sumedang-Pikiran Rakyat.com
Ilustrasi Osteoporosis/Sumedang-Pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT - Osteoporosis merupakan penyakit, tersembunyi, kadang tanpa gejala dan tak terdeteksi sampai timbul gejala nyeri karena patah tulang. Karena tingginya morbiditas (kesakitan) yang terkait dengan patah tulang maka upaya pencegahan merupakan prioritas.

Osteoporosis dapat dicegah dan dideteksi secara dini. Disadur Kabar Rakyat dari situs rsi.go.id, Selasa, 11 Januari 2022, berikut tips-tips mencegah osteoporosis sejak dini.

  1. Olaraga,

Olahraga merupakan cara termudah dan termurah dalam pencegahan osteoporosis seperti jogging, lari, angkat beban, bulu tangkis, tenis, atau olahraga lain akan membantu menjaga kepadatan tulang anda. Prinsip latihan untuk mencegah osteoporosis adalah latihan fleksibilitas (kelenturan otot & sendi) juga latihan keseimbangan dan menghindari gerakan melompat. Lakukan olahraga pagi tersebut selama 30 menit, 3 sampai 5 kali setiap minggunya.

  1. Asupan Gizi Seimbang,

Kebutuhan kalsium variasi seiring bertambahnya usia dan aktivitas fisik, anak-anak, ibu hamil dan menyusui, serta lansia membutuhkan asupan kalsium dalam jumlah yang lebih banyak.

Ikan laut. Terutama ikan pari, ekor kuning dan teri karena Ikan laut kaya akan kalsium, untuk mendapat asupan kalsium yang lebih, anda bisa saja mengkonsumsi bandeng presto atau sarden beserta tulangnya

Yoghurt. Walaupun merupakan produk dari susu, namun kalsium dalam yoghurt lebih mudah diserap tubuh.

Kedelai. Selain mengandung kalsium kedelai juga mengandung estrogen nabati atau fitoestrogen yang dapat membantu penyerapan kalsium.

Sayuran hijau. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, dan selada tidak hanya mengandung kalsium, tetapi juga mengandung kalium dan vitamin K yang mencegah hilangnya kalsium dari tulang.

Baca Juga: 5 Manfaat Bersepeda Secara Rutin, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: rsi.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X