• Minggu, 22 Mei 2022

Kemendagri Minta ASN Berperan Penting Dalam Penyerapan Anggaran Daerah

- Selasa, 11 Januari 2022 | 13:51 WIB
Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni (kemendagri.go.id)
Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni (kemendagri.go.id)

KABAR RAKYAT - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat meningkatkan perannya dalam mempercepat penyerapan anggaran daerah.

Hal ini penting dilakukan guna mengatasi masalah rendahnya serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang kerap terjadi setiap tahun.

Hal itu disampaikan Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni saat menjadi pembicara dalam Webinar ASN Belajar yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. 

Baca Juga: Boom Marina Banyuwangi Disiapkan Menjadi Prototipe Pembangunan Marina Nasional

Webinar bertajuk “Peran Strategi ASN dalam Rangka Realisasi dan Penyerapan Program Kegiatan dan Anggaran yang Cepat, Efektif-Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif (CETTAR)” tersebut berlangsung pada Senin (10/01) kemarin. 

 “ASN adalah aktor pengelola keuangan daerah. Peran, tugas, dan fungsinya dalam perangkat daerah wajib didudukkan, sehingga dapat berperan aktif dalam mendorong realisasi program dan kegiatan,” ujar Fatoni seperti dikutip Kabar Rakyat dari laman kemendagri.go.id, Selasa,11 Januari 2022.

Dalam kesempatan itu, Fatoni menjelaskan sejumlah langkah agar ASN dapat lebih berperan dalam menggenjot penyerapan anggaran.

Para ASN dinilai perlu untuk memiliki pemahaman yang sama mengenai konsep perencanaan dan pembangunan di daerahnya. Hal ini untuk memastikan realisasi keuangan perangkat daerah dapat mendukung kinerja pemerintah daerah secara efektif. 

Baca Juga: Pasar Ekspor Nasional Dilepas Mendag Lutfi dari Jakarta : Ekonomi Mulai Pulih Harus Dirawat

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: kemendagri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X