Kejari Bondowoso Rilies Kinerja Sepanjang Tahun 2021, Salah satunya Kasus Korupsi

- Rabu, 29 Desember 2021 | 20:13 WIB
Jajaran Kejaksaan Negeri Bondowoso saat menyampaikan rilies kinerja sepanjang tahun 2021 kepada wartawan (Nur Alifah Bahsa)
Jajaran Kejaksaan Negeri Bondowoso saat menyampaikan rilies kinerja sepanjang tahun 2021 kepada wartawan (Nur Alifah Bahsa)

KABAR RAKYAT - Kejaksaan Negeri Bondowoso menggelar release akhir tahun di ruang Media Center, Rabu 29 Desember 2021.

Ratusan kasus yang telah ditangani oleh Kejari Bondowoso di sepanjang tahun 2021, baik dari Polres Bondowoso, limpahan Polda Jatim bahkan temuan sendiri, di antaranya merupakan  kasus korupsi.

Kepala Kejaksaan Negeri Bondowoso,Asis Widarto,SH melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus), Wahyu menerangkan, empat kasus yang telah ditangani itu menyebabkan kerugian negara hingga total mencapai Rp 3 miliar lebih.

Yakni korupsi hibah dari Departemen Sosial berupa program Kelompok Masyarakat (Pokmas)  yang mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp 1,879 miliar.

Baca Juga: Nekat Curi Kabel Listrik Pabrik Kertas. Kholil Digiring Polisi ke Sel Tahanan Polsekta Banyuwangi

Kemudian, korupsi dana desa yang terjadi di Desa Sempol, Kecamatan Ijen. Tersangka yang merupakan kepala desanya, berinisial H, disebut korupsi anggaran hingga Rp 828 juta. Dalam penyalahgunaan anggaran BUMDES, dan pembangunan fisik.

Selanjutnya, yakni kasus Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Bondowoso Gemilang yang kini telah menetapkan sejumlah tersangka yang menyebabkan kerugian Rp 477 juta. Seorang di antaranya telah divonis.

" Terdakwa terpidana tak sanggup untuk membayar. Dan kita sudah melakukan hasil tracing,  dan memang ternyata yang bersangkutan tidak mampu membayar," katanya.

Ia menerangkan, dari kasus-kasus tersebut para tersangka ada yang telah inkrah, dan ada juga yang sedang banding.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X