• Minggu, 22 Mei 2022

Menhan Bacakan Amanat Presiden RI Ajak Seluruh Komponen Bangsa Untuk Bela Negara

- Senin, 20 Desember 2021 | 08:12 WIB
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subiakto saat membacakan amanat Presiden RI dalam Hari Bela Negara/kemenhan.go.id
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subiakto saat membacakan amanat Presiden RI dalam Hari Bela Negara/kemenhan.go.id

KABAR RAKYAT - Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh rakyat Indonesia sebagai bagian dari komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semangat bela negara serta menekankan bahwa bela negara bukan semata tugas TNI dan Polri.

Hal itu disampaikan Presiden RI dalam amanatnya yang dibacakan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat memimpin upacara memperingati Hari Bela Negara (HBN) ke-73 Tahun 2021 di Pelataran Monumen Tugu Api Dr. (H.C.) Ir. Soekarno di Kemhan, Jakarta, Minggu (19/12) kemarin.

“Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat yang lainnya,” demikian amanat Presiden Jokowi yang dibacakan oleh Menhan Prabowo seperti dilansir Kabar Rakyat dari kemenhan.go.id, Senin 20 Desember 2021.

Baca Juga: Gubernur Resmikan SMAN 2 Taruna Bhayangkara Jawa Timur di Banyuwangi: Ciptakan SDM Berkarakter dan Berkualitas

Presiden Jokowi menyebutkan beberapa nilai-nilai dasar bela negara yang perlu dikembangkan oleh seluruh komponen bangsa, di antaranya cinta tanah air, sadar berbangsa dan negara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara.

“Sekali lagi saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaan kita untuk ikut serta dalam bela negara, di manapun kita berada, apapun pendidikan kita, apapun profesi kita, semua punya hak, semua punya kewajiban dan semua punya kesempatan yang sama untuk bela negara”, imbau Presiden Jokowi.

Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2021 yang mengambil tema “Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Tujuan mengajak warga negara Indonesia untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia maju.

Baca Juga: Jembatan Suramadu Ditutup 2 Jam Karena Monitoring Kesehatan Jembatan, Jalur Roda 4 Dilarang Lewat

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: kemenhan.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X