Gempa Kekuatan 5,1 SR Menguncang Jember Pagi Ini, Getarannya Sampai ke Bali dan Bondowoso

- Kamis, 16 Desember 2021 | 11:06 WIB
Ilustrasi gempa bumi (Foto: Tumisu/Pixabay)
Ilustrasi gempa bumi (Foto: Tumisu/Pixabay)

KABAR RAKYAT - Pagi ini Kamis, 16 Desember 2021, kembali terjadi gempa di daerah Jember dan sekitarnya. Gempa ini terjadi sekitar pukul 06.01.33 WIB, sementara pusat gempa berada di laut 42 Km barat daya Kabupaten Jember.

Gempa yang berkekuatan 5,1 SR tersebut mengguncang wilayah Jember dan sekitarnya, dilansir dari website resmi BMKG yaitu www.bmkg.go.id, oleh Kabar Rakyat, Kamis, 16 Desember 2021.

Pusat gempa berlokasi di 8.55 LS, 113.49 BT atau 42 kilometer barat daya Kabupaten Jember, Jawa Timur. Sementara titik pusat gempa berada di kedalaman 10 km.

Baca Juga: Hujan Intensitas Tinggi Guyur Kabupaten Situbondo, 127 Rumah Penduduk di Tiga Desa Terendam Banjir

Selain itu gempa yang berpusat di laut tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami oleh BMKG. Meskipun bisa dipastikan tidak berpotensi tsunami, namun BMKG meminta warga mewaspadai adanya gempa susulan.

Gempa ini terasa hingga Denpasar, Kuta, Legian, Banyuwangi, Jimbaran, Puger, Karangkates, Lumajang, Bondowoso. Selanjutnya gempa yang terjadi tersebut termasuk kategori gempa dangkal. 

Baca Juga: 80 Stasiun Kereta Api Layani Rapid Tes Antigen, Berikut Daftar Lokasinya

Hingga berita ini diunggah belum ada data tambahan mengenai kejadian gempa tersebut. Diharapkan BMKG masih terus memutakhirkan data mengenai kejadian gempa ini.***

Editor: Ayu Nida

Sumber: Bmkg

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X