• Minggu, 22 Mei 2022

SMAN 5 Taruna Brawijaya Kediri Kerjasama TNI AD Diresmikan, Gubernur Khofifah: SDM Berkualitas Berkarakter

- Rabu, 15 Desember 2021 | 01:55 WIB
SMAN 5 Taruna Brawijaya Kerjasama TNI AD Kediri Diresmikan Gubernur Jawa Timur: SDM Berkualits, Berkarakter Kebangsaan.  (Humas Provinsi Jatim)
SMAN 5 Taruna Brawijaya Kerjasama TNI AD Kediri Diresmikan Gubernur Jawa Timur: SDM Berkualits, Berkarakter Kebangsaan. (Humas Provinsi Jatim)

KABAR RAKYAT - SMA 5 Taruna Brawijaya kerjasama dengan TNI AD di Kota Kediri diresmikan oleh Gubernur Jatim, pada, Selasa 14 Desember 2021. Sekolah menengah tersebut bagian pengembangan kapasitas kelembagaan dari SMA Reguler yaitu SMAN 5 Kota Kediri.

Para murid SMA 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur, ada penambahan kurikulum khusus bela negara, wawasan kebangsaan, dan kesamaptaan serta berasrama. Harapannya, sistem pendidikan tersebut, dapat mencetak generasi muda dan lulusan yang tangguh, disiplin dan berkarakter kebangsaan yang kuat.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur menjelaskan, Pemprov telah membangun kerjasama dengan lima institusi dalam peningkatan kualitas pendidikan. Melalui kerjasama ini diharapkan penguatan dari upaya mewujudkan SDM unggul yang berkarakter kuat dan memiliki nafas nasionalisme bisa tercapai.

Baca Juga: Parpol PPP DKI Jakarta Berduka, Haji Lulung atau H. Abraham Lunggana, SH Meninggal di Rumah Sakit

Antara lain, sebut Khofifah, kerjasama dengan TNI AD ada SMAN 5 Taruna Brawijaya Kediri, SMAN Taruna Nala Malang berbasis kelautan bekerja sama dengan TNI AL, SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun berbasis kedirgantaraan bekerja sama dengan TNI AU, dan SMAN 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi berbasis kepolisian bekerja sama dengan Polri.

Yang terbaru, Pemprov Jatim juga bekerjasama dengan salah satu pesantren di Bangil, Pasuruan, yakni pesantren Ad-Dalwah. Kerjasama tersebut diwujudkan dengan pendirian SMAN Taruna Madani yang berbasis boarding school.

"Pesantren Ad-Dalwah ini merupakan pesantren besar, yang mana dari pengasuh dan pemilik pesantren memiliki keinginan untuk memberikan penguatan dari sisi bangunan karakter bela negara seiring dengan nilai-nilai agama. Sekolah tersebut adalah SMAN Taruna Madani dengan penguatan dari TNI- AL," tuturnya.

Nilai yang penting itu, lanjut Khofifah terlihat dari input dan latar belakang siswa yang berasal dari berbagai daerah, adat dan tradisi budaya serta agama yang beragam.

Baca Juga: Peringatan Dini Tsunami Dikeluarkan oleh BMKG Setelah Terjadi Gempa 7,5 M di Larantuka NTT

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Humas Provinsi Jawa Timur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X