• Sabtu, 1 Oktober 2022

Pelaksanaan PPKM Level 3 Menyeluruh Saat Nataru Dibatalkan, Kebijakan Gas dan Rem Situasi Terkini Pandemi

- Rabu, 8 Desember 2021 | 08:19 WIB
Ilustrasi cek suhu. Pelaksanaan PPKM Level 3 Menyeluruh Saat Nataru Dibatalkan, Kebijakan Gas dan Rem Situasi Terkini Pandemi.  (Yan Krukov/Pexels)
Ilustrasi cek suhu. Pelaksanaan PPKM Level 3 Menyeluruh Saat Nataru Dibatalkan, Kebijakan Gas dan Rem Situasi Terkini Pandemi. (Yan Krukov/Pexels)

KABAR RAKYAT - Pemerintah memutuskan PPKM level 3 pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 atau Nataru tidak menyeluruh. Namun melihat perkembangan Covid-19 di setiap daerah.

Kebijakan pembatalan PPKM Level 3 secara menyeluruh, menurut Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, itu merupakan kebijakan 'gas dan rem' Presiden Joko Widodo, karena sesuai perkembangan terkini pandemi Covid-19.

Keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa 7 Desember 2021, disampaikan Moeldoko usai kunjungan di Universitas Sebelas Maret, Solo, sebagaimana dikutip KabarRakyat dari pikiran-rakyat.com, pada 8 Desember 2021.

“Kebijakan menginjak gas dan menarik rem idealnya disesuaikan dengan perkembangan data terkini Covid-19. Untuk itu gas dan rem harus dilakukan secara dinamis sesuai dengan perkembangan Covid-19 di hari-hari terakhir,” kata Moeldoko di Jakarta, 7 Desember 2021, yang dilansir pikiran-rakyat.com dan dikutip KabarRakyat,id.

Pemerintah pada Senin, 6 Desember 2021 telah memutuskan untuk tidak menerapkan PPKM tingkat 3 pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 secara merata pada semua wilayah, melainkan menerapkan sejumlah pengetatan.

Baca Juga: Urutan Ketahanan Covid19 Indonesia Rendah, Data Peringkat 53 Negara Tempat Terbaik dan Terburuk di Dunia

Keputusan PPKM tingkat 3 diterapkan saat Natal dan Tahun Baru 2022 secara merata itu juga didasarkan pada pencapaian vaksinasi dosis pertama di Jawa-Bali mencapai 76 persen dosis pertama, dan 5r6 persen dosis kedua.

Berita ini telah tayang di pikiran-rakyat.com, berjudul : PPKM Level 3 pada Libur Nataru Batal, Moeldoko Sebut Bentuk Kebijakan Gas dan Rem Jokowi

Sedangkan untuk vaksinasi kepada kelompok lanjut usia mencapai 64 persen untuk dosis pertama dan 42 persen untuk dosis lengkap di wilayah Jawa-Bali.

Akan tetapi, meski PPKM tingkat 3 batal diterapkan secara merata, Moeldoko mengatakan, pemerintah tetap membatasi kegiatan masyarakat untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari ini Harga BBM non subsidi Jenis Pertamax Turun

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:18 WIB

PLN Batalkan Program Kompor Listrik, Berikut Alasannya

Rabu, 28 September 2022 | 11:37 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng KONI Beri Perlindungan Atlet

Selasa, 13 September 2022 | 08:45 WIB
X