Perlintasan KA Diperbaiki, Pengguna Jalan Lingkar di Rogojampi Diminta Waspada

- Selasa, 7 Desember 2021 | 17:32 WIB
Petugas saat memperbaiki jalur KA yang berpotongan dengan jalan raya/KAI Daop 9
Petugas saat memperbaiki jalur KA yang berpotongan dengan jalan raya/KAI Daop 9

KABAR RAKYAT - Tingkatkan keselamatan perjalanan Kereta Api (KA) khususnya di jalur rel yang berpotongan dengan jalan raya.  PT KAI (Persero) Daop 9 Jember dan para stakeholder akan terus mengintensifkan pengawasan, perawatan jalan.

Masyarakat yang sering melalui jalan tersebut diminta lebih waspada dan hati-hati saat melawati perlintasan KA.

Pelaksana Harian Manager Humas KAI Daop 9 Jember, Tohari mengatakan, rel yang berpotongan dengan jalan raya banyak dilalui kendaraan sehingga berdampak pada konstruksi rel yang dapat mengakibatkan pegeseran lebar jalur KA, kondisi tubuh ban menjadi tidak stabil yang berpotensi membahayakan perjalanan KA.

Baca Juga: Wisata Gunung Bromo Aman, Pemkab Probolinggo Tingkatkan Mitigasi Kebencanaan

“Mulai Hari Senin (06/12) kemarin sampai Jumat (10/12) akan dating, kita akan melakukan perawatan dan perbaikan geometri jalan rel yang berada di Jalan Perlintasan Langsung (JPL) nomor 102 yang melintasi Jalan Lingkar Barat Rogojampi, tepatnya di Desa Labanasem, Kec. Kabat Kab. Banyuwangi,” ucap Tohari melalui keterangan tertulisnya, Selasa 7 Desember 2021.

Lebih lanjut Tohari menambahkan, JPL merupakan salah satu titik rawan dalam perjalanan kereta api, karena kondisi rel yang sering dilewati mobil-mobil besar dan berat bepengaruh pada tidak stabilnya kondisi geometri rel, dan tubu ban yang ada dibawanya, terlebih pada kondisi penghujan.

“Pekerjaan yang akan dilakukan ini merupakan bagian dari 39 titik perlintasan yang kita jadwalkan untuk dilakukan perawatan selama tahun 2021,” jelas Tohari.

Baca Juga: Pemerintah Batalkan Penerapan PPKM Level 3 Serentak Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Tohari menambahkan, untuk perbaikan geometri di JPL 102 yang berada di Desa Labanasem ini, tidak akan dilakukan penutupan jalan, melainkan hanya pengaturan lalu lintas yang akan dibantu oleh jajaran kepolisian dari Polsek Kabat.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X