• Kamis, 7 Juli 2022

Kapolri Pastikan Penanganan Bencana Erupsi Semeru Berjalan Baik

- Selasa, 7 Desember 2021 | 10:13 WIB
Kapolri Jenderal Sigit Listyo menemui warga korban erupsi Semeru di tempat pengungsian didampingi gubernur Jatim Khofifah
Kapolri Jenderal Sigit Listyo menemui warga korban erupsi Semeru di tempat pengungsian didampingi gubernur Jatim Khofifah

KABAR RAKYAT - Kapolri Jendral Sigit Listyo Prabowo, didampingi Ketua Bhayangkari Julianti Sigit Prabowo, memantau perkembangan penanganan bencana erupsi gunung Semeru. Kapolri mastikan semua proses penanganan bencana di Lumajang,Jawa Timur bisa berjalan lancar.

Kunjungan kali pertama di Kapolri di lokasi bencana erupsi Semeru dimanfaatkan untuk kegiatan esessment dan koordinasi penanganan cepat proses evakuasi dan Identifikasi korban meninggal.
Kapolri Jenderal Sigit Listyo didampingi Kapolda Jatim Irjen.pol.Nico Afinta, Gubernur Jatim Indar Parawansa meninjau empat lokasi pengungsian diantaranya, Posko Tanggap Darurat di Kecamatan Pasirian, RSUD Pasirian, Koperasi Dwijaraharja dan di Lapangan Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Tiba di lokasi, kapolri menyempatkan diri menemui warga terdampak bencana erupsi untuk memberikan dukungan moral. Kegiatan Kapolri juga menfokuskan SOP penanganan bencana bersama Basarnas. Mulai menyiapkan peralatan berat, logistik, tehnis operasi evakuasi korban dan skenario jika ada erupsi susulan.

"Kita lihat kesiapan Satgas untuk melaksanakan bagaimana langkah - langkah merawat masyarakat yang ditemukan dalam kondisi luka, dan bagaimana juga kesiapan tim DVI untuk mendapatkan masukan dari masyarakat sekitar yang tentunya juga melakukan evakuasi dan pencarian masyarakat yang dilaporkan hilang," kata Kapolri Jendral Sigit Listyo Prabowo, Senin (6/12/2021) malam.
Lanjut Sigit, sampai saat yang sudah dilaporkan ada 22 orang yang ditemukan. Kemudian ada proses mengenali proses Antemortem dan Postmortem.

"Satgas yang terdiri TNI/Polri, BNPB, Basarnas tengah menyiapkan keperluan masyarakat yang mengungsi,termasuk Trauma Healing. Semua SOP penanganan bencana erupsi sudah berjalan baik. Kami masih mengupayakan dengan kementerian PUPR untuk jembatan ylmenghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang yang terputus akibat erupsi Semeru", jelas Kapolri Jenderal Sigit Listyo.

Kapolri juga memberikan suport kepada anggota TNI/Polri ,relawan, Basarnas yang terus bekerja keras membantu menangani para korban.

 

 

Editor: Richard De Mas Nre

Tags

Terkini

X