• Senin, 17 Januari 2022

Jumlah Korban Erupsi Semeru Bertambah, 27 Orang Dilaporkan Hilang

- Senin, 6 Desember 2021 | 20:55 WIB
Rumah warga rusak berat akibat paparan erupsi gunung Semeru di dusun Kajar kuning, Pronojiwo - Lumajang.
Rumah warga rusak berat akibat paparan erupsi gunung Semeru di dusun Kajar kuning, Pronojiwo - Lumajang.

KABAR RAKYAT – Korban guguran awan panas erupsi gunung Semeru terus bertambah dari 14 menjadi 22 orang korban meninggal. Sementara 27 orang dilaporkan hilang, jumlah pengungsi saat ini terus meningkat menjadi 2004 jiwa.Tim Basarnas bersama BPBD,TNI/Polri terus berupaya melakukan evakuasi namun faktor cuaca dan ancaman guguran material Semeru menjadi kendala.

Kepala Pusat data informasi dan komunikasi kebencanaan (PDIKK)-BNPB Kepala Abdul Muhari dalam siaran pers menjelaskan, dari 22 korban 3 orang korban ditemukan di Curahkobokan, pukul 15.45. Lima korban lain ditemukan siang hari masih di wilayah Pronojiwo. “Dari 22 korban jiwa yang berhasil ditemukan tim SAR dan relawan 13 diantaranya sudah teridentifikasi. Sementara 7 korban meninggal masih proses identifikasi di rumah sakit Lumajang. Korban yang sudah diketahui identitasnya sudah dimakamkan,”jelas Abdul Muhari,Senin malam (6/12/2021).

Lanjut Muhari, ada 27 warga dilaporkan hilang oleh pihak keluarga yang tinggal dipenampungan masih dalam proses pencarian. Untuk lokasi pencarian masih di dua wilayah Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro. Ada 2004 jiwa yang tinggal dipengusian yang terbagi di 19 titik pos pengungsian di dua kecamatan titik terparah dampak erupsi Semeru. Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo merupakan daerah merah yang langsung terkena guguran awan panas. Sementara 8 kecamatan lain terdampak debu vulkanik  total warga terdampak erupsi gunung Semeru 5205 jiwa.

“Warga pengusi 2004 jiwa tinggal di 19 titik pengusian .terdiri dari  305 orang di pos pengungsian Kecamatan Pronojiwo, 1136 orang di pos pengusian  candipuro, 563 orang di pos Kecamatan Pasirian,” beber Kepala PDIKK –BNPB Abdul Muhari.

Dijelaskan Basarnas, proses pencarian 27 orang akan kembali dilanjutkan oleh tim gabungan  dipusatkan dititik Dusun  Kajar kuning, Curahkobokan, Reteng dan Gondeli. Direktur operasi pencarian dan pertolongan Basarnas Brigjen TNI (mar) Wurjanto mengatakan, akan menurunkan 50 personil Basarnas didukung TNI/Polri. “ Proses percarian korban hilang sesuai laporan keluarga yang selamat ada 27 orang. Besok semoga cuaca mendukung sehingga memudahkan tim di lapangan bekerja dengan baik. Kendala sering hujan menyulitkan proses pencarian semoga besok cuaca baik,”terangnya jenderal bintang satu itu.   

 

 

   

 

Editor: Richard De Mas Nre

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sediakan Tarian Telanjang Heroes Cafe Digrebek Polisi

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:34 WIB

Kapolresta Banyuwangi Respon Isu Pembantaian di Pakel

Jumat, 14 Januari 2022 | 18:58 WIB
X