• Senin, 17 Januari 2022

Erupsi Gunung Semeru, Jokowi Sigap Langkah Tanggap Darurat Mencari Korban untuk Berikan Layanan

- Senin, 6 Desember 2021 | 10:31 WIB
Ilustrasi Jokowi Sigap Langkah Tanggap Darurat Mencari Korban untuk Berikan Layanan para korba erupsi gunung semeru. (Instagram/@jokowi)
Ilustrasi Jokowi Sigap Langkah Tanggap Darurat Mencari Korban untuk Berikan Layanan para korba erupsi gunung semeru. (Instagram/@jokowi)

KABAR RAKYAT - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada hari Sabtu kemarin. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan segenap jajarannya untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dalam bencana alam erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Seperti diunggah di dalam akun Instagram @jokowi, Minggu, 5 Desember 2021, dan dikutip oleh Kabar Rakyat, Senin, 6 Desember 2021. Presiden juga telah menerima laporan dan terus memonitor situasi dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Mobil Angkot Dihantam Kereta Api Sebabkan 5 Orang Meninggal dan 4 Lainnya Luka Berat, Sang Sopir Diamuk Massa

“Sesaat setelah mendapatkan laporan tentang bencana tersebut, saya memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, dan juga kepada Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin,” tulisnya di akun tersebut.

Presiden Jokowi berharap segera lakukan langkah tanggap darurat guna mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan, memberikan pelayanan kesehatan, menyediakan kebutuhan dasar pengungsi serta perbaikan infrastruktur yang cepat.

“Langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana. Bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat,” lanjut tulisnya.

Baca Juga: Menteri PPPA,Bintang Puspayoga Berharap Kasus Mahasiswi di Malang Dituntaskan

Pemerintah juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Apalagi Indonesia memang berada di wilayah cincin api atau ring of fire yang rawan terhadap aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi semacam ini.

Halaman:

Editor: Ayu Nida

Sumber: Instagram @jokowi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sediakan Tarian Telanjang Heroes Cafe Digrebek Polisi

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:34 WIB

Kapolresta Banyuwangi Respon Isu Pembantaian di Pakel

Jumat, 14 Januari 2022 | 18:58 WIB
X