• Senin, 24 Januari 2022

Bupati Probolinggo Kirim Bantuan Logistik Dan Relawan Untuk Korban Erupsi Semeru

- Minggu, 5 Desember 2021 | 14:48 WIB
Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihandjoko
Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihandjoko

KABAR RAKYAT – Bencana erupsi gunung Semeru,Sabtu sore (4/12/2021) terus menyedot perhatian semua pihak. Bupati Probolinggo misalnya, mengirimkan bantuan logistik dan relawan guna membantu masyarakat Lumajang, Jawa Timur, yang terkena dampak erupsi, Minggu (5/12/2021).

Erupsi gunung Semeru kembali terjadi, kali ini sedikitnya 13 warga dilaporkan meninggal dunia akibar sembuaran awan panas dan material guguran vulkanik gunung semeru. Jumlah korban belum termasuk 41 orang yang mengalami luka bakar yang sejak Sabtu malam, sudah ditangani tim medis. Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihandjoko, Minggu pagi ( 5/12/2021), langsung menggelar rapat darurat bersama dinas terkait guna memberikan solusi bantuan kepada warga di Kabupaten Lumajang.

“ Hari ini kita semua prihatin atas bencana erupsi gunung Semeru di Lumajang. Kami terus memantau perkembangan dan mengupayakan mengirim bantuan logistik, relawan bahkan kebutuhan sarana medis. Tadi malam tim relawan sudah berangkat ke lokasi bencana,” kata Timbul Prihandjoko saat melepas bantuan logistik ke Lumajang.

Bupati Probolinggo Timbul Prihandjoko mengajak masyarakat luas berempati terhadap bencana yang dialami warga di kaki gunung tertinggi di pulau jawa itu. “Aksi kemanusiaan untuk korban Semeru terus tindaklanjuti agar para korban bisa segera mendapat bantuan yang diperlukan,” ungkapnya.

Letak gunung Semeru berpatasan dengan Kabupaten Probolinggo disisi selatan tepatnya rangkaian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bahkan sebelum erupsi aktifitas semeru juga terpantau di pos pantau gunung Sawur di gunung Bromo. Timbul juga meminta BPBD kabupaten Probolinggo siaga mencermati perkembangan aktifitas Semeru yang tidak menutup kemungkinan paparan abu vulkanik mengarah ke wilayah kabupaten Probolinggo.

Kabupaten Probolinggo sendiri cukup memeliki pengalaman menghadapi bencana erupsi gunung Bromo tahun 2010 lalu. Meski tidak sampai memamkan korban jiwa namun dampak erupsi melumpukan aktifitas ekonomi masyarakat sekitar bencana. “ Mitigasi kebencanaan merupakan skala prioritas sebab jika lalai akan mengancam nyawa dan kerugian material yang tidak sedikit,” tandasnya.

Editor: Richard De Mas Nre

Tags

Terkini

X