• Senin, 24 Januari 2022

Indonesia Resmi Pegang Keketuaan Presidensi Group Of Twenty G20, Jokowi: Kepercayaan Ini adalah Kesempatan

- Jumat, 3 Desember 2021 | 07:25 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato pada Pembukaan Presidensi G20 Indonesia. (Foto: setkab)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato pada Pembukaan Presidensi G20 Indonesia. (Foto: setkab)

KABAR RAKYAT - Indonesia resmi memegang keketuaan atau Presidensi G20 per 1 Desember 2021. Presidensi ini merupakan sebuah kepercayaan dan kehormatan bagi bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato pada Pembukaan Presidensi G20 Indonesia pada Rabu, 1 Desember 2021.

“Mulai 1 Desember 2021 ini sampai setahun ke depan, Indonesia resmi memegang presidensi G20,” pungkasnya, seperti dilansir dari Youtube milik Sekretariat Presiden @sekretariat presiden, Rabu, 1 Desember 2021, oleh Kabar Rakyat, Kamis, 2 Desember 2021. 

“Kepercayaan ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi dunia untuk membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” ujar Presiden.

Baca Juga: PMI dan PMR Bagikan Merchandise Memperingati Hari AIDS Sedunia di Seputaran Pamekasan

Sejalan dengan itu, Presidensi G20 Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Penyelenggaraan gelaran pertemuan negara-negara G20 di Indonesia ini akan difokuskan pada tiga hal.

“Pertama, penanganan kesehatan yang inklusif. Kedua, transformasi berbasis digital. Ketiga, transisi menuju energi berkelanjutan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara menekankan agar Presidensi G20 Indonesia tidak menjadi sebatas seremonial belaka. Indonesia mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata.

Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 menghasilkan terobosan-terobosan besar. Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 membangun kolaborasi dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama ini,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X