• Selasa, 9 Agustus 2022

Bupati Kediri Bersihkan Kecurangan Rekrutmen Perangkat Desa : Praktek Beli Jabatan Harus Hilang

- Kamis, 2 Desember 2021 | 14:25 WIB
Bupati Kediri Meminta Masyarakat Aktif Sorot Kecurangan Proses Rekrutmen Perangkat Baru di 147 Desa (Jin/KabarRakyat/istimewa)
Bupati Kediri Meminta Masyarakat Aktif Sorot Kecurangan Proses Rekrutmen Perangkat Baru di 147 Desa (Jin/KabarRakyat/istimewa)

KABAR RAKYAT, KEDIRI - Pemkab Kediri menciptakan birokrasi melayani warga masyarakat bersih KKN. Bupati Hanindhito Himawan Pramono segera membersihkan kecurangan dalam proses rekruten perangkat desa digelar di 147 titik desa. 

Selain itu, Bupati muda akrab disapa Mas Dhito, memberikan peringatan pegawai Pemkab dan pejabat agar tidak selewengkan kewenangan hanya untuk proses rekrutmen perangkat pemerintahan desa. Bila ada oknum pelaku akan disanksi tegas, pada Kamis 2 Desember 2021.

Ditegaskan Mas Dhito, "barang siapa saja bermain curang dalam pengisian perangkat desa akan ditindak tegas. Tanpa terkecuali, bila ada oknum pejabat selewengkan kewenangan, sanksi tegas menanti. Tidak peduli siapa yang back up pelaku. Saya kerja untuk masyarakat".

Baca Juga: Kajian Penelitian Potensi Kejadian Tsunami Besar, BPBD : Jember Belum Punya Tempat Evakuasi

Upaya serius Bupati Kediri bukan main-main. Mas Dhito juga menunjuk Inspektorat dari internal Pemkab untuk gerak cepat. Pun begitu, ia meminta peran aktif masyarakat untuk informasikan kecurangan terjadi di desa.

"Warga Kediri tolong bantu saya, pantau seleksi pengisian perangkat desa. Kalau ada kecurangan tolong dilaporkan," tutur Mas Dhito.

Telah disosialisasikan oleh Pemkab Kediri, proses pengisian perangkat desa secara serentak dilaksanakan 147 desa tersebar 22 kecamatan, total 305 jabatan perangkat. Rekrutmen perangkat desa digelar berdasarkan Perbup 48 tahun 2021 tentang Pengisian Perangkat Desa Dikembalikan menjadi kewenangan kepala desa.

Baca Juga: Jawaban Pernyataan Petinggi MPR Mendesak Presiden Jokowi Mencopot Menkeu, Sri Mulyani Tulis Pernyataan Ini

Camat Wates Arief Gunawan dikonfirmasi terpisah menyampaikan, bahwa Perbup 48 Tahun 2021, seleksi perangkat juga harus hati-hati. Perangkat terpilih nantinya harus benar-benar yang terbaik. Bila kemungkinan ada temuan kecurangan. Ia selaku pembina dan pengawas, segera melapor ke Bupati.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X