• Senin, 24 Januari 2022

Ibu PKK Kabupaten Kunjungi UMKM Desa Tebel, Istri Bupati Sidoarjo Dorong Pemulihan Ekonomi Terwujud

- Minggu, 28 November 2021 | 07:52 WIB
Istri Bupati Sidoarjo kunjungi UMKM di Desa Tebel, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo.  (Instagram @pemkabsidoarjo)
Istri Bupati Sidoarjo kunjungi UMKM di Desa Tebel, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo. (Instagram @pemkabsidoarjo)

KABAR RAKYAT, SIDOARJO – Ketua TP PKK dan Dekranasda Sidoarjo Hj. Sa'adah Ahmad Muhdlor Ali, melihat secara langsung produksi UMKM Desa Tebel Kecamatan Gedangan. Istri Bupati Sidoarjo ini juga mendorong pemulihan ekonomi segera terwujud, meski dalam pandemi.  

Rombongan ibu-ibu PKK kabupaten ini, juga melihat langsung produksi UMKM. Iapun akui, warga desa Tebel dikenal banyak pelaku usaha sektor ekonomi kreatif. Rombongan istri Bupati melihat langsung produksi Aloe Vera yang diolah jadi minuman segar, sesuai selera pasar. 

"Produksi Aloe Vera diolah menjadi minuman segar dan kemudian dijual untuk menghasilkan nilai ekonomi yang cukup," tulis admin Instagram @pemkabsidoarjo, dikutip kabarrakyat, 28 November 2021.

Baca Juga: WNA 19 Negara Ini Boleh Wisata ke Indonesia, Satu Syarat Masuk Bali dan Riau, Berikut Daftarnya

Selain Aloe Vera, Desa Tebel sering mengadakan pelatihan keterampilan kerajinan tangan seperti membuat kain jumputan dan gantungan kunci. Ide-ide tersebut dipelopori oleh Suroto selaku Perangkat Desa Tebel, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo.

Sekedar tahu, dalam dunia UMKM, sosok Bupati Sidoarjo dikenal dekat pelaku UMKM. Selain memberi motifasi pengurus Bumdes sebagai pengelola UMKM. Desa Tebel merupakan salah satu kampung literasi di Sidoarjo, hal itu bisa dilihat dengan terdapat teras baca dan perpustakaan mini yang tersebar di 8 titik dan bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Ning Sasha, begitu panggilan akrab Istri Bupati Sidoarjo, mengapresiasi kreativitas yang dilakukan di Desa Tebel sebab hampir semua warganya menggeluti ekonomi kreatif.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia Vs Antalyaspor, Uji Coba Terakhir sebelum Laga Piala AFF 2020

Mayoritas perempuan di desa semangat untuk mengikuti pelatihan demi mengembangkan kemampuannya membuat kerajinan tangan dan membuat makanan yang bisa menambah nilai ekonomi keluarganya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Instagram @pemkabsidoarjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X