• Selasa, 30 November 2021

Resmi, Arab Saudi Melarang Selfie dan Video di Masjidil Haram, Ini Alasannya

- Rabu, 24 November 2021 | 11:52 WIB
Ilustrasi.Arab Saudi Melarang Selfie dan Video di Masjidil Haram. (Hallosultra/Dok.Pixabay)
Ilustrasi.Arab Saudi Melarang Selfie dan Video di Masjidil Haram. (Hallosultra/Dok.Pixabay)
KABAR RAKYATArab Saudi resmi melarang jamaah umrah maupun haji untuk foto selfie dan mengambil video di Masjidil Haram di Makkah serta Masjid Nabawi di Madinah. Petugas di dua masjid tersebut akan mengawasi jamaah secara ketat dan mempertimbangkan memberikan denda yang berat bagi siapapun yang melanggarnya.
 
Saat ini masjidil haram sudah banyak dikunjungi oleh jamaah umrah. Kasus penularan virus Corona di Arab Saudi sudah mulai terkendali. Bahkan pejabat di dua masjid, yakni masjidil haram dan masjid nabawi sudah melepas stiker tanda jarak. 
 
Dilansir kabarrakyat dari thesaudiexpat.com, Arab Saudi ingin mengutamakan kesucian masjidil haram dengan melarang jamaah umrah dan haji untuk melakukan foto selfie dan membikin video
 
“Sekarang ketika internet dan ponsel sudah menjadi hal yang biasa di setiap rumah tangga di setiap tangan, orang terlihat lebih asyik berswafoto, video, dan mengunggah di internet saat melakukan Umrah, Haji dan ziarah. Sungguh memilukan melihat bagaimana orang-orang melupakan esensi dari tempat-tempat indah ini dan memanjakan diri mereka dalam kegiatan seperti itu,” tulis laman tersebut.
 
Banyaknya jamaah umrah maupun peziarah yang mengun jungi masjidil haram dan masjid Nabawi yang sibuk berselfie dan mengambil video membuat pejabat di dua masjid itu mengambil sikap melarangnya.
 
“Larangan Selfie dan Fotografi di Tempat Suci Arab Saudi Pemerintah Arab Saudi kini telah resmi melarang selfie, fotografi, dan videografi di Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah,” begitu tulis di laman tersebut. 
 
Larangan tersebut lebih kepada upaya menjaga kesucian dan menghormati jamaah lain yang sedang beribadah. Tidak main-main, pejabata Arab Saudi tengah mempertimbangkan memberikan denda bagi para pelanggar.
 
Rencananya, kebijakan larangan foto selfie dan mengambil video di dua masjid tersebut juga diberlakukan ke seluruh masjid di Arab Saudi
 
“Larangan itu menyiratkan ke semua tempat suci di seluruh negeri untuk menjaga kehormatan dan martabat tempat-tempat tersebut,” tulisnya.
 
Masjidil haram dan Masjid Nabawi merupakan dua masjid yang menjadi impian umat islam di seluruh dunia untuk dikunjungi. Di dua masjid itulah agama islam berkembang dan rasulullah SAW dimakamkan di area masjid Nabawi. 
 
Di dua masjid itu juga banyak pahala yang dilipatgandakan ketika beribadah. Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW menyebut bahwa barang siapa yang shalat di Masjidil haram maka lebih utama daripada 100 ribu masjid lainnya.
 
Sedangkan keutamaan shalat di masjid Nabawi adalah lebih utama daripada seribu masjid lainnya kecuali masjidil haram. ***

Editor: Ayu Nida

Sumber: thesaudiexpat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X