• Minggu, 25 September 2022

Realisasi APBD Banyuwangi Menjadi yang Tertinggi di Jawa Timur Menurut Dirjen BKD Kemendagri

- Senin, 22 November 2021 | 20:31 WIB
Rakor Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) kabupaten/kota se-Jatim di Surabaya secara Vistual (banyuwangikab)
Rakor Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) kabupaten/kota se-Jatim di Surabaya secara Vistual (banyuwangikab)

KABAR RAKYAT, BanyuwangiBerdasarkan data realisasi dari Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri per 29 Oktober 2021. Penyerapan APBD Banyuwangi pada kuartal III/2021 mencapai 70,36 persen yang menjadi tertinggi di Jawa Timur.

Data tersebut dipaparkan Kemendagri saat Rakor Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) kabupaten/kota se-Jatim di Surabaya pada pekan lalu. “Pemkab Banyuwangi terus menjaga performa kinerja penyerapan APBD,” kata Ipuk.  

Dikatakan dia, percepatan penyerapan APBD adalah untuk menjaga pergerakan ekonomi lokal. Di tengah dunia usaha yang masih melambat karena pandemi, APBD menjadi instrumen yang bisa berperan menggerakkan ekonomi.

Baca Juga: Viral Seorang Wanita Diduga Anak Jenderal Bintang 3 TNI AD Bentak Ibunda Arteria Dahlan Anggota DPR RI

”Meski kapasitas fiskal daerah saat ini juga relatif terbatas, kami terus mendorong penyerapannya agar bisa mendorong ekonomi lokal,” ujar Ipuk usai mengikuti Rakor Evaluasi Penyerapan Anggaran Tahun 2021 oleh Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan secara virtual, Senin 22 November 2021.

Ipuk mengatakan, penyerapan APBD cukup penting untuk menggerakkan perekonomian daerah. Gelontoran dana APBD melalui beragam pekerjaan dan belanja daerah bisa menjadi stimulan ekonomi warga.

Baca Juga: Sopir Logistik Demo Tolak Penerapan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Terkait Penertiban ODOL

”Situasi saat ini memang tidak mudah. Pemkab Banyuwangi terus berupaya mengoptimalkan instrumen fiskal yang juga sebenarnya dalam ruang yang terbatas untuk menggerakkan perekonomian,” kata Ipuk.

"Salah satu kunci untuk menggerakkan ekonomi daerah saat ini memang ada pada belanja pemerintah. Di situasi seperti ini, kalau belanja pemerintahnya jalan, dunia usaha juga akan bergerak. Oleh karena itu, kita perlu optimal dalam penyerapan anggaran, sesuai arahan Presiden Jokowi dan Ibu Gubernur," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Syaiful Anam Pimpin JMSI Jatim

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 16:34 WIB
X