• Senin, 24 Januari 2022

Musim Hujan, Cegah Penularan Influenza di Tempat Umum

- Senin, 22 November 2021 | 07:57 WIB
Ilustrasi orang kena infuenza/Pikiran Rakyat.com
Ilustrasi orang kena infuenza/Pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT,Kesehatan -Pengetahuan pencegahan influenza sangan penting diinformasikan kepada masyarakat agar dapat membatasi penyebaran penyakit ini terutama di tempat-tempat umum. Jumlah kasus influenza mengalami peningkatan ketika memasuki musim penghujan

Influenza adalah penyakit infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus dan dapat ditularkan melalui udara.  

Gejala umum influenza antara lain demam, menggigil, nyeri tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, batuk, pilek, hingga kelemahan. Influenza menyerang semua kelompok umur

Virus influenza mudah menyebar dan menular kepada orang lain terutama di tempat kerja, sekolah, atau tempat umum lainnya. Influenza menjadi salah satu penyakit penyebab terjadinya absensi di lingkungan kerja maupun sekolah.

Baca Juga: Hari Kesehatan Nasional, Gubernur Jatim: Mari Menjaga Pola Hidup Sehat

Influenza dapat ditularkan melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Kontak langsung terjadi apabila droplet dari penderita yang mengandung virus ditransmisikan ke orang lain saat penderita batuk, bersin atau berbicara.

Virus dari bersin dan batuk bisa menular ke orang lain dengan jarak 5 meter. Saat seseorang batuk, 3.000 droplet aerosol akan keluar dengan kecepatan mencapai 80 km per jam, sedangkan saat bersin, jumlah droplet dan kecepatan yang dikeluarkan cenderung lebih tinggi, yaitu sekitar 40.000 droplet dengan kecepatan 321 km per jam.

Cara terbaik untuk mencegah penyebaran influenza adalah penderita menjaga jarak dengan orang lain, terutama kelompok rentan seperti bayi dan anak-anak. Jika karena kondisi tertentu hal tersebut tidak memungkinkan, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk meminimalkan penularan penyakit. Penggunaan masker sangat dianjurkan saat seseorang sedang sakit influenza. Masker dapat meminimalisasi penyebaran virus dari hidung atau mulut penderita ke udara.

Apabila mengalami batuk atau bersin, mulut dan hidung dapat ditutup dengan tisu atau lengan baju. Tisu yang telah digunakan saat batuk atau bersin sebaiknya segera dibuang ke tempat sampah karena telah menampung virus.Hindari menutup mulut atau hidung langsung dengan tangan karena virus dapat menempel di tangan kita.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Kemenkes RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPOM Resmi Setujui 5 Vaksin Covid-19 Sebagai Booster

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:13 WIB
X