Pemerintah Bondowoso Pasang CCTV di Jembatan, Pantau Warga Nakal Gemar Buang Sampah Sembarangan

- Minggu, 21 November 2021 | 09:25 WIB
Pemerintah Bondowoso, Pasang CCTV di Jembatan Awasi Warga Nakal Gemar Buang Sampah Sembarangan (Ifa/KabarRakyat.id)
Pemerintah Bondowoso, Pasang CCTV di Jembatan Awasi Warga Nakal Gemar Buang Sampah Sembarangan (Ifa/KabarRakyat.id)

KABAR RAKYAT, BONDOWOSO - Pemerinatah daerah melalu Dinas Lingkungan Hidup Dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso mencatat, produksi sampah pada tahun 2020 lalu sebesar 42 ton per hari. Angka tersebut naik signifikan pada tahun 2021, menjadi 62 ton per hari.

Selain karena peningkatan jumlah penduduk, rendahnya kesadaran masyarakat akan kepedulian lingkungan membuat produksi sampah di Bondowoso terus meningkat.

Terbukti, masih banyaknya warga yang nakal gemar buang sampah di sungai dan jembatan-jembatan, sehingga berpotensi menyebabkan banjir saat musim hujan.

Untuk itu DLHP berencana akan memasang CCTV di tiap jembatan untuk pantau warga nakal gemar buang sampah sembarangan tersebut.

Baca Juga: Kriminal Lumajang, Pemuda Berandalan Bacok Petugas Perhutani: Ditegur Tidak Terima Ambil Clurit

" Anggaplah untuk pelajaran bagi masyarakat. Nanti dibuat banner, orang-orang ini," kata Abdul Asis Kasi Pengelolaan Sampah Dan Limbah, DLHP Bondowoso, Sabtu (20/11/2021).

Namun sayang, rencana tersebut urung terlaksana karena anggaran terfokus untuk penanganan Covid-19.

Padahal, dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2020, sudah diatur tentang larangan membuang sampah sembarangan. Bagi pelanggar, disiapkan sanksi denda sekitar 50 juta atau 3 bulan kurungan penjara. Akan tetapi, aturan tegas tersebut belum bisa diterapkan.

"Selama ini masih belum. Makanya kemarin pimpinan kita juga gitu, kita nyarankan untuk masang CCTV, jadi ketahuan siapa yang buang. Kalau nggak ya kita menugaskan salah seorang di sana. Foto nanti dipampang di sana," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X