• Minggu, 13 Juni 2021

Desa Tak Laksanakan SDGs Terancam dikurangi Dana Desanya (DD) Oleh Kementrian

- Senin, 7 Juni 2021 | 23:05 WIB
ILUSTRASI PENGEMBALIAN UANG KABAR RAKYAT
ILUSTRASI PENGEMBALIAN UANG KABAR RAKYAT

KABAR RAKYAT - Haeriyah Yulianti, Kepala DPMD Bondowoso, menegaskan bahwa desa yang tidak melaksanakan program pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) maka desa terancam dikurangi Dana Desanya (DD) di tahun berikutnya oleh kementrian. Sebab, SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

 

Lebih lanjut, Haeriah mengatakan, pendataan SDGs Desa merupakan program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemdes PDTT) yang wajib dilaksanakan oleh desa.

 Baca Juga: Bondowoso Targetkan Seluruh Guru Divaksin Sebelum Pelajaran Tatap Muka

Ketika program itu diwajibkan kata Haeriyah, maka pasti akan berdampak terhadap perolehan dana berikutnya jika tidak dilaksanakan oleh desa. "Kalau SDGs ini tak dilaksanakan, maka tidak menutup kemungkinan akan ada pengurangan Dana Desa yang akan turun ke desa," imbuhnya, Senin (7/6/2021).

 

Dia mencontohkan, sama halnya dengan tahun sebelumnya, desa yang tidak melaksanakan program Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang merupakan program prioritas menteri, maka ada pengurangan terhadap Dana Desanya.

 Baca Juga: Dua BPR Milik Pemkab digabung, Pemkab berharap dapat meningkatkan PAD

Dia menuturkan, Meski tidak disampaikan oleh pihak kementerian jika desa tidak melaksanakan program prioritasnya, bahwa program itu harus dilaksanakan, namun pasti ada konsekuensinya terhadap pengurangan anggaran.

Halaman:

Editor: Budi Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X