• Minggu, 13 Juni 2021

Pondok Ramadhan MTs N 5 Trenggalek, Tema "Menjalani Ramadhan Berjuta Makna, Saling Berbagi Wujud Jiwa Religi"

- Kamis, 6 Mei 2021 | 19:35 WIB
 
KABAR RAKYAT - MTs Negeri 5 Trenggalek dalam rangkaian acara tahunan Madrasah pada Ramadhan 1442 H, gelar acara Pondok Ramadhan.
 
Pengadaan acara tersebut merupakan inisiasi dari Kepala Madrasah yakni Bapak Drs. Jamaluddin Malik, M.A. yang kemudian diwujudkan bersama dengan para guru dan perwakilan santri dalam pelaksanaannya.
 
Jamaluddin Malik Kepala Madrasah kepada media dikantornya mengatakan untuk pondok Ramadhan 1442 H kali ini, mengusung tema "menjalani ramadhan berjuta makna – Saling berbagi wujud jiwa religi,".
 
 
" Itulah tag line yang diusung oleh MTs Negeri 5 Trenggalek yang berada di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek dalam acara Bazaar gratis berupa sayuran dan bahan makanan yang dibagikan pada masyarakat di beberapa wilayah sekitar Kecamatan Panggul yang dianggap pantas untuk dijadikan sebagai sasaran tempat pelaksanaan," jelas Jamal.
 
Jamal juga menjelaskan terkait isi bazar mengambil bahan melalui distribusi sukarela para santri Madrasah.
 
"sumber bahan bazaar yakni sayuran dan bahan makanan mentah yang benar-benar melimpah. Hal tersebut tak lepas dari kesadaran para santri maupun orang tua untuk saling berbagi dan membantu pada masyarakat yang membutuhkan. Kesadaran tersebut merupakan salah satu bentuk pemaknaan ibadah pada bulan suci Ramadhan seperti ini yang memang sangat mudah untuk dimanfaatkan sebagai ladang memupuk pahala dari sang pencipta," jelas Jamal.
 
 
Bazaar gratis yang dilakukan oleh siswa dan siswi MTs 5 Trenggalek, dilaksanakan secara rundown pada empat tempat, yakni Desa Bendogolor, Dusun Wonogondo, Dusun Slorok, dan di akhiri di Desa Ngrambingan yang semuanya berada di wilayah Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek.
 
Bazaar gratis yang dilakukan oleh siswa dan siswi MTs 5 Trenggalek
 
Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemic covid-19, acara tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB dan diakhiri ketika persediaan sayur dan bahan makanan sudah habis.
 
Acara bazaar gratis yang baru kali pertama ini dilaksanakan ini ternyata mampu menarik minat yang tinggi pada santri maupun orang tua. Bahkan masyarakat sebagai penikmat acara pun memiliki animo yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme warga yang datang sehingga tak memerlukan waktu yang lama untuk menghabiskan stok sayur dan bahan makanan yang disediakan pada booth oleh panitia.
 
 
Yuni salah satu warga Panggul sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar MTs 5 tahun ini. 
 
" Kegiatan ini sangat positif dan sangat bermanfaat. Baru kali ini ada acara seperti ini di Kecamatan Panggul. Terlebih yang disasar merupakan wilayah yang tergolong jauh dari pusat kota sehingga sangat membantu bagi warga yang berada di pelosok desa. Semoga menjadi inspirasi untuk banyak pihak," jelas Yuni.
 
Pelaksanaan acara tersebut sengaja ditempatkan pada tempat yang dianggap sebagai pusat berkumpul masyarakat, yakni halaman masjid ataupun perempatan besar yang mampu mengakomodasi kegiatan masyarakat sehingga dapat dengan mudah menjangkau masyarakat melalui pengumuman dengan pengeras suara yang sebelumnya juga sudah disampaikan oleh perwakilan saat meminta ijin tempat pelaksanaan pada hari sebelumnya.
 
 
"Dengan keberhasilan terlaksananya acara tersebut, setidaknya mampu menarik masyarakat luas untuk mengaktifkan ide-ide brilian dalam kemasyarakatan, khususnya bagi warga MTs Negeri 5 Trenggalek untuk semakin melambungkan syiar agama yang salah satunya melalui kegiatan sosial kemasyarakatan.
 
Acara tersebut dapat dilihat melalui kanal youtube resmi MTs Negeri 5 Trenggalek, yakni MADTSANEMAGA Official," pungkas Jamal.*

Editor: Budi Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X