• Minggu, 13 Juni 2021

Komisi II DPRD Banyuwangi Desak Aparat Hukum dan Pemda Tindak Tegas Tambang Pasir di Pengantigan

- Senin, 7 Juni 2021 | 18:52 WIB
Rakor Komisi II DPRD Banyuwangi bersama Dinas Pertanian dan Pangan
Rakor Komisi II DPRD Banyuwangi bersama Dinas Pertanian dan Pangan

KABAR RAKYAT - Dibukanya aktifitas tambang galian C dilahan pertanian produktif mendapat tanggapan serius dewan. Komisi II DPRD Banyuwangi berharap segera ada tindakan tegas aparat hukum dan pemerintah daerah untuk segera dihentikannya operasi galian C di lahan produktif di Pengantigan, Rogojampi.

 

Hal ini disampaikan Ketua Komisi II, Hj. S.Mafrochatin Ni’mah usai menggelar rapat kordinasi bersama Dinas Pertanian dan Pangan terkait keluhan petani terhadap aktifitas tambang galian C di Lahan Pertanian produktif, Senin (7/06/2021).

 

Menurut Hj.Ni’mah panggilan akrab Ketua Komisi II ini, banyak petani menyampaikan keluhan kepada pihaknya terkait dengan aktifitas tambang galian C di lahan sawah, seperti di Dusun Cangkring Desa Pengantigan Kecamatan Rogojampi.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Kini Memiliki Rumah Sakit Hewan.

“ Petani di Dusun Cangkring mengeluh sistim pengairan  sawahnya terganggu akibat dari aktifitas tambang galian C, tidak itu saja petani juga khawatir sawah produkti miliknya yang dekat dengan tambang ambrol , “ ucap Hj. Ni’mah.

 

Selanjutnya berdasarkan keterangan dari Dinas Pertanian dan Pangan,selama ini tidak ada surat masuk kepada instansinya yang melaporkan adanya alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan tambang galian C, sehingga diduga tambang galian C tersebut belum mengantongi ijin resmi.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X