• Sabtu, 4 Desember 2021

Banyuwangi Kembali Gelar Hari Belanja Ke Pasar Dan UMKM, Kali Ini Sasar Usaha Purna Migran

- Rabu, 5 Mei 2021 | 17:56 WIB
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat belanja di Pasar Rogojampi
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat belanja di Pasar Rogojampi

KABAR RAKYAT - Gerakan Hari Belanja ke Pasar Rakyat dan UMKM kembali digelar di Banyuwangi. Setelah sukses dihelat pada 4 April 2021, gerakan ini kembali dilaksanakan pada Rabu, (5/5/2021).

”Ini adalah bagian dari program pemulihan ekonomi, untuk meningkatkan perputaran uang di pasar dan UMKM,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Pasar Rogojampi.

Ribuan orang terlibat dalam gerakan ini, mulai ASN, BUMN, BUMD, instansi pemerintah lainnya, swasta, dan berbagai komunitas. Mereka berbelanja dengan waktu yang telah dibagi-bagi agar tidak menghasilkan kerumunan di 25 pasar rakyat seluruh Banyuwangi dan gerai-gerai UMKM.

Baca Juga: Mudik Dilarang, KA Jarak Jauh Hanya Untuk Perjalanan Mendesak dan Kepentingan Non Mudik

”Hari ini, untuk gerai-gerai UMKM, sebagian kami fokuskan ke UMKM milik kawan-kawan purna migran dan sahabat disabilitas. Ini bentuk keberpihakan agar kawan-kawan purna migran dan penyandang disabilitas bisa terus eksis berwirausaha dan semakin sukses,” papar Ipuk.

Bupati yang baru dilantik pada 26 Februari itu menambahkan, program pemulihan ekonomi untuk pelaku usaha skala mikro, kecil, dan menengah di Banyuwangi dalam dua langkah bersamaan. Pertama, program jangka menengah-panjang melalui sertifikasi, mentoring, dan sebagainya. 

Kedua, program jangka pendek dengan fokus membantu peningkatan penjualan, di antaranya melalui Hari Belanja ke Pasar dan UMKM, ongkos kirim gratis untuk UMKM, dan pelibatan UMKM dalam setiap agenda festival wisata. 

Baca Juga: Apel Ketupat Semeru 2021, Wabup Meminta Pengetatan Mudik dan Pencegahan Covid-19 Diutamakan

”Jadi kita jalankan strategi jangka menengah-panjang dan jangka pendek. Kalau jangka pendek ya bagaimana jualan pasar rakyat dan UMKM ini segera laku, laku, dan laku di masa pandemi ini,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Humas Kab. Banyuwangi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Takraw Sukapura Raih Emas Porkab Probolinggo 2021

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:36 WIB
X