• Senin, 25 Oktober 2021

Mudik Dilarang, KA Jarak Jauh Hanya Untuk Perjalanan Mendesak dan Kepentingan Non Mudik

- Rabu, 5 Mei 2021 | 14:39 WIB
Perjalanam Kereta Api (KAI  Daop 9 Jember)
Perjalanam Kereta Api (KAI Daop 9 Jember)

KABAR RAKYAT - Pada periode 6-17 Mei 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember mengoperasikan Kereta Api Jarak Jauh hanya bagi pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non mudik.

Hsl tersebut sesusi Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 dan Surat Direktur Jenderal Perkeretaapian Nomor HK.701/1/10/DJKA/2021 pada 30 April 2021.

“KAI menjalankan Kereta Api Jarak Jauh pada periode tersebut bukan untuk melayani masyarakat yang ingin mudik Lebaran. Kami mematuhi aturan dan kebijakan dari pemerintah bahwa mudik tetap dilarang,” kata Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga: DPRD Banyuwangi Tagih Kejelasan Nasib Tenaga Harian Lepas

Baca Juga: Apel Ketupat Semeru 2021, Wabup Meminta Pengetatan Mudik dan Pencegahan Covid-19 Diutamakan

Masyarakat yang diperbolehkan menggunakan Kereta api adalah pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non mudik yaitu untuk bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi oleh 1 (satu) orang anggota keluarga, dan kepentingan non mudik tertentu lainnya yang dilengkapi surat keterangan dari Kepala Desa/Lurah setempat.

Bagi pegawai instansi pemerintahan/ASN/BUMN/BUMD/prajurit TNI/anggota Polri, syaratnya adalah wajib memiliki print out surat izin perjalanan tertulis yang dilengkapi tanda tangan basah atau elektronik pejabat setingkat Eselon II, serta identitas diri calon pelaku perjalanan.

Baca Juga: Kunker Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Nasional di Tasikmalaya

Adapun bagi pegawai swasta, wajib melampirkan print out surat izin perjalanan tertulis yang dilengkapi tanda tangan basah atau elektronik dari pimpinan perusahaan. Sedangkan bagi pekerja sektor informal dan masyarakat umum nonpekerja, wajib melampirkan print out surat izin perjalanan tertulis yang dilengkapi tanda tangan basah atau elektronik dari Kepala Desa/Lurah setempat.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: KAI Daop 9 Jember

Tags

Terkini

Alhamdulillah, Ada Orang Protes

Minggu, 24 Oktober 2021 | 23:06 WIB
X