• Senin, 24 Januari 2022

Apakah Sikat Gigi Selama Dua Menit Benar-benar Cukup? Simak Penjelasan dan Tekniknya Berikut

- Kamis, 18 November 2021 | 07:37 WIB
ilustrasi sikat gigi, tips sehat ala Rosulullah SAW. (Pixabay/Jenny)
ilustrasi sikat gigi, tips sehat ala Rosulullah SAW. (Pixabay/Jenny)

KABAR RAKYAT, Sport - Banyak yang diketahui masyarakat dengan nasihat bahwa kita harus menyikat gigi dua kali sehari, dan setidaknya dua menit setiap kali.

Banyak yang memperpanjang waktu sikat gigi untuk mendapatkan hasil yang efektif. Namun ada beberapa bukti bahwa menyikat gigi selama dua menit saja mungkin tidak cukup.

Menurut penelitian, menghilangkan plak sebanyak mungkin lebih baik dan dengan hasil terbaik dalam tiga hingga empat menit. Apakah itu berarti kita harus menggandakan waktu menyikat gigi?

Baca Juga: Lupa Suntik KB Tapi Terlanjur Berhubungan Badan? Begini Saran dr Saddam Ismail

Dilansir Kabar Rakyat melalui The Coversations, Josefine Hirschfeld,dosen klinis akademik dalam kedokteran gigi restoratif di University of Birmingham menerangkan.

Dokter gigi mulai merekomendasikan kita harus menyikat gigi selama dua menit pada 1970-an, dan kemudian, menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut.

Namun, konsensus saat ini sebagian besar didasarkan pada penelitian yang diterbitkan sejak 1990-an, yang melihat waktu menyikat, teknik, dan jenis sikat gigi. Studi-studi ini menunjukkan dua menit menyikat menyebabkan pengurangan plak yang baik (tetapi tidak sangat baik).

Baca Juga: Zinedine Zidane Tetapkan Waktu Sampai Musim Panas Jika Manchester United Masih Tertarik

Namun, meskipun menyikat gigi lebih dari dua menit terbukti menghilangkan lebih banyak plak, masih ada kekurangan penelitian yang melihat apakah menyikat gigi lebih dari dua menit dikaitkan dengan kesehatan mulut jangka panjang yang lebih baik dibandingkan dengan dua menit.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: The Conversation

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPOM Resmi Setujui 5 Vaksin Covid-19 Sebagai Booster

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:13 WIB
X