• Sabtu, 15 Mei 2021

Bisnis Investasi Bodong Omset Miliaran Dibongkar Polresta Banyuwangi, Wanita Seksi Ditetapkan Tersangka

- Selasa, 4 Mei 2021 | 20:55 WIB
Pers rilies Kapolresta Banyuwangi
Pers rilies Kapolresta Banyuwangi

KABAR RAKYAT - Polresta Banyuwangi menetapkan seorang perempuan berinisial ZS (26) sebagai tersangka kasus penipuan investasi bodong berkedok trading.

 ZS warga Lingkungan Kanalan, Kelurahan Lateng, Kecamatan Banyuwangi ini diduga telah melakukan penipuan terhadap warga satu kampung di lingkungan tempat kediaman tersangka. Bahkan, warga dari wilayah lain juga ikut tertipu karena tergiur iming-iming yang dijanjikan tersangka.

"Kami menetapkan ZS sebagai tersangka setelah dilakukan pemeriksaan mendalam," ujar Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin saat pers rilis di Mapolresta Banyuwangi, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Sepulu Provinsi Ini Tertinggi Kasus Positif, PPKM Mikro Diperpanjang dan Diperluas

Arman menyebutkan, investasi bodong itu sudah dijalankan tersangka sejak November 2020 lalu namun kedoknya berhasil diungkap pada Maret 2021. Tepatnya setelah sejumlah warga yang mengaku menjadi korban penipuan melapor ke polisi. Jumlah warga yang melapor terus bertambah, sehingga Polresta Banyuwangi membuka posko pengaduan investasi bodong.

Baca Juga: Jelang Hari Idul Fitri, Warga Jawa Timur Jangan Lengah dari Bahaya COVID-19

"Hasil penyidikan, terungkap ada sekitar 260 orang pengikut yang telah dikelompokkan dalam WhatsApp grup. Masing-masing grup menginvestasikan dananya bervariasi sesuai yang dijanjikan tersangka," ungkap Arman.

Namun jumlah pelapor yang mengadu ke Posko Pengaduan Investasi Bodong Polresta Banyuwangi, sebanyak 35 orang. Masing-masing pelapor mengaku merugi hingga puluhan juta rupiah.

"Kemungkinan jumlah pelapor masih akan terus bertambah, sehingga posko pengaduan kami buka terus. Yang jelas, total kerugian sementara dari dugaan tindak pidana penipuan ini mencapai sekitar Rp. 1 miliar," ucap Arman.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X