• Minggu, 13 Juni 2021

Bimbingan Teknis Menjelang Agenda Reses DPRD Tasikmalaya

- Jumat, 4 Juni 2021 | 09:00 WIB

KABAR RAKYAT - Berdasarkan dalam pasal 149 ayat (1) UU 23/2014 dikatakan bahwa DPRD Kabupaten/Kota memiliki fungsi membentuk peraturan daerah Kabupaten/Kota, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

 

Sementara itu dalam pasal 161 hurup i dan j UU 23/2014 menyebutkan kewajiban anggota DPRD menyerap dan menghimpun asfirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala dan menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat.

 

Untuk itu, dalam pelaksanaan reses harus dilaksanakan dan merupakan kewajiban bagi pimpinan dan anggota DPRD dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala pada masing-masing daerah pemilihan guna meningkatkan yaitu, kualitas, produktifitas, dan kinerja DPRD dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat serta guna mewujudkan peran DPRD dalam mengembangkan check and balances antara DPRD dan Pemerintah Daerah.

 Baca Juga: Operasi Yustisi Penerapan Prokes di Obyek Wisata Pangandaran

Sesuai hasil rapat Bamus DPRD tanggal 19 mei 2021 disepakati bahwa pelaksanaan reses II masa persidangan III tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 04, 05 dan 06 Juni 2021.

Kemudian pelaksanaan reses ini dapat dilaksanakan dengan dua cara yaitu,  dengan tatap muka langsung bersama peserta atau dengan menggunakan fasilitas zoom meeting, hal tersebut disesuaikan dengan kesiapan dan ketersediaan alat penunjang.

 

Halaman:

Editor: Budi Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X