• Senin, 24 Januari 2022

Lupa Suntik KB Tapi Terlanjur Berhubungan Badan? Begini Saran dr Saddam Ismail

- Selasa, 16 November 2021 | 10:27 WIB
 Saran dr Saddam Ismail ketika Lupa Suntik KB Tapi Terlanjur Berhubungan Badan. (YouTube Saddam Ismail)
Saran dr Saddam Ismail ketika Lupa Suntik KB Tapi Terlanjur Berhubungan Badan. (YouTube Saddam Ismail)
KABAR RAKYAT – Bagi pasangan suami istri yang hendak menunda kehamilan, maka dapat menggunakan alat kontrasepsi sebelum melakukan hubungan badan. Ada beberapa pilihan misalnya menggunakan alat kontrasepsi hormonal seperti pil KB dan suntik KB.
 
Pil KB merupakan alat kontrasepsi hormonal yang paling sering digunakan dengan cara minum pil KB setiap hari. Namun ada juga istri yang merasa repot dengan minum Pil KB sehingga memilih menggunakan KB suntik. 
 
Penggunaan KB suntik  ada beberapa rentang waktu penyuntikannya. Ada yang penyuntikannya sebulan sekali. Ada juga yang penyuntikannya tiga bulan sekali. Namun sama dengan Pil KB, KB suntik juga beresiko kelupaan karena kesibukan. Lantas apa yang mesti dilakukan ketika lupa suntik KB dan telah melakukan hubungan badan dengan suami?
 
Dilansir Kabarrakyat dari kanal YouTube Saddam Ismail, dalam kondisi lupa suntik KB dan terlanjur berhubungan badan maka yang pertama dilakukan adalah jangan panik. Lihat kembali jadwal penyuntikan KB dengan lebih teliti. 
 
“Cek dulu kapan jadwal suntik yang sebenarnya, di HP, kalender atau buku yang diberikan dokter,” ujar dr Saddam Ismail.
 
Selanjutnya jika memang sudah terlewatkan jadwal suntik KB dan terlanjur melakukan hubungan suami istri, maka bisa menggunakan Pil Kontrasepsi Darurat. Pil Kontrasepsi Darurat tersebut bisa mencegah kehamilan setelah berhubungan yang dilakukan 5 hari atau 120 jam setelah berhubungan. 
 
“Meski pil kontrasepsi darurat tadi untuk mencegah kehamilan, namun jangan menunda-nunda minumnya. Tapi kalau belum terlanjur berhubungan bisa menggunakan kondom sebelum berhubungan supaya mencegah kehamilan,” terang dr Saddam Ismail.
 
dr Saddam Ismail menambahkan, apabila oenyuntikan KB telat dua minggu hingga tiga minggu, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Biasanya dokter atau bidan akan mengecek pasien tersebut apakah sedang hamil atau tidak.
 
“Kalau seandainya hamil maka tidak perlu disuntik KB, tapi kalau setelah dicek dan hasilnya tidak hamil maka baru bisa menggunakan KB suntik kontrasepsi tadi,” imbuh dr Saddam Ismail.
 
Dr Saddam Ismail punyabtips agar tidak terjadi terlambat suntik KB. Cara yang pertama bisa memberi tanda pada kalender di rumah. Tandai kalender dengan menggunakan spidol agar mudah terbaca. Serta letakkan kalender di ntempat yang mudah terlihat.
 
Cara kedua, dengan menggunakan pengingat di Handphone. Setting aplikasi di handphone sesuai jadwal suntik KB sehingga nantinya akan menjadi pengingat ketika sudah waktunya suntik KB. 
 
Cara ketiga, dengan menyimpan buku KB yang diberikan dokter atau bidan. Buku tersebut tempatkan di tempat khusus, jangan sampai berserakan atau hilang.
 
“Simpan di Laci atau tempat yang mudah dilihat, jadi tidak kesusahan untuk melihat jadwal suntik KB selanjutnya,” terang dr Saddam Ismail
 
Cara keempat dengan memberitahu pasangan maupun keluarga. Ini penting kalau lupa bisa diingatkan oleh suami atau keluarga. Ini meminimalisir terjadinya lupa suntik KB. 
 
Suntik KB ini untuk menunda kehamilan, jadi tips agar tidak lupa jadwal suntik KB penting dilakukan agar tujuan menunda kehamilan berhasil,” pungkas dr Saddam Ismail.***

Editor: Ayu Nida

Sumber: YouTube Saddam Ismail

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPOM Resmi Setujui 5 Vaksin Covid-19 Sebagai Booster

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:13 WIB
X