• Jumat, 19 Agustus 2022

Wujudkan Tertib Berlalu Lintas, Polda Jatim Luncurkan Aplikasi SKRIP Dan Mobil INCAR

- Selasa, 16 November 2021 | 07:42 WIB
Polda Jatim luncurkan mobil INCAR/tribatanewspoldajatim.com
Polda Jatim luncurkan mobil INCAR/tribatanewspoldajatim.com

KABAR RAKYAT,Surabaya - Sebagai sarana meningkatkan implementasi penindakan lalu lintas berbasis elektronik,sekaligus untuk menmgetahui riwayat pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara di wilayah Jawa Timur.

Kepolisian Daerah (Polda) Jatim meluncurkan aplikasi SKRIP (Skrining Riwayat Pengendara) dan 12 unit mobil dinas operasional INCAR (Integrate Node Capture Attitude Record)

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta secara simbolis melepas Mobil Operasional INCAR dan sekaligus meresmikan aplikasi pertama pertama di Indonesia, yakni Aplikasi SKRIP, yang bertujuan untuk mewujudkan Jawa Timur tertib berlalu lintas, guna mengoptimalkan penegakan hukum dibidang lalu lintas dan mengurangi Case Fatality Rate di Jawa Timur, Senin (15/11) kemarin.

Baca Juga: Kapolri Pimpin Upacara Memperingati Hari Jadi Korps Brimob ke-76 di Mako Brimob

"Polda Jatim membuat inovasi mendeteksi pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat berbasis digital data, dan tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat, "

Sehingga mengurangi interaksi dan terjadinya kesalahan. Karena mobil INCAR melaksanakan patroli di jalan raya, merekam secara digital dan realtime apa yang dilakukan masyarakat terkait kepatuhan, tata tertib lalu lintas," jelas Kapolda Jatim seperti dilansir Kabar Rakyat dari TribataNewsPolda Jatim.com, Selasa 16 Nopember 2021.

Kapolda juga menjelaskan, jika ada pelanggaran maka akan terkoneksi dengan data regident, dan data aplikasi kependudukan. Data regident sendiri terdiri dari data SIM, STNK, dan BPKB.

Baca Juga: Pohon Tumbang Timpa Warung di Lokasi Wisata Jolotundo Mojokerto, Tiga Orang Tewas

"Kami bekerja sama dengan Kejaksaan dan Pengadilan, Kantor Pos, Dinas Perhubungan dan instansi lainnya untuk dapat melaksanakan sistem yg diterapkan di INCAR. Sementara ini mobil operasional INCAR ada 12, dibeberapa Kabupaten dan Kota Madya, nantinya akan dikembangkan di seluruh Jatim," jelasnya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Tribatanewspolda jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X