• Rabu, 27 Oktober 2021

JMSI Jatim Paparan Peran Media Penangkal Hoax dan Radikalisme

- Kamis, 27 Mei 2021 | 07:39 WIB
Seminar
Seminar

KABAR RAKYAT - Sekretaris Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Jatim, Syaiful Anam bersama Bupati Magetan, Suprawoto, Wartawan Kompas dan Penulis Buku 'Presiden dan Berita HOAX', Yurnaldi serta N. Aji Gunawan, Wakil Ketua PWOIN Jawa Tengah. diminta memaparkan materi tentang, 'Peran Media dalam Menangkal Berita Hoax dan Radikal'.

 

Kegiatan MZK Institute melalui zoom meeting, diikuti ratusan peserta dari seluruh Indonesia, berlangsung, 24 Mei 2021 selama empat jam. Berbagai pertanyaan dari peserta cukup beragam saat dibuka sesi tanya jawab yang dipandu moderator Agung Santoso.

Baca Juga: Kata Orang Madura Terkait Fenomena Gerhana Bulan

Menurut Syaiful Anam, Hoax merupakan informasi, berita bohong yang banyak dijumpai di media sosial dan bahkan ada di media massa produk jurnalistik. “Ini harus kita perangi karena meresahkan masyarakat,” ujarnya.

 

Caranya kata Syaiful Anam, media produk pers, media mainstream harus terus membangun kepercayaan masyarakat dengan menyajikan berita yang benar sesuai fakta. “Ikuti Kode Etik Jurnalistik dalam mencari dan menulis berita,” ujarnya.

 

Jika wartawan selalu ingat dan berpedoman pada kode etik jurnalistik, dipastikan beritanya benar, tidak hoax. “Kode etik jurnalistik sering dilupakan, dianggap sepele sehingga muncullah hoax,” ujar Syaiful Anam yang juga Wakil Bendahara PWI Jatim ini.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X