Hasil Produksi Peserta Pelatihan Pembuatan Songkok oleh Disnakertrans Pamekasan Sangat Luar Biasa

- Minggu, 14 November 2021 | 12:07 WIB
Hasil songkok peserta pelatihan pembuatan songkok pamekasan oleh Disnakertras Pamekasan. (Hendri dwi k)
Hasil songkok peserta pelatihan pembuatan songkok pamekasan oleh Disnakertras Pamekasan. (Hendri dwi k)

KABAR RAKYAT - Pelatihan Pembuatan Songkok yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pamekasan, sudah memasuki hari-hari terakhir dari 15 hari yang telah dijadwalkan.

Kegiatan ini sudah yang ke-3 kalinya dilaksanakan, namun menurut Zainul, selaku instruktur Pelatihan Pembuatan Songkok, peserta kali ini luar biasa semangatnya, diluar perkiraan menurutnya.

Karena menurut dia, memperkirakan peserta yang benar-benar mampu membuat songkok paling banyak hanya 50% dari peserta yang ikut, namun ternyata 99% semuanya ternyata mampu membuat songkok dengan mahir.

“Saya benar-benar tidak menyangka bahwa semangat para peserta kali ini luar biasa, semua sungguh-sungguh belajar dan punya semangat untuk tahu dalam proses pembuatan songkok ini,” ungkap Zainul di sela-sela memberikan mentoring terhadap peserta.

Bahkan karena antusias yang luar biasa dari para peserta, Zainul memberikan juga ilmu membuat songkok batik selain membuat songkok nasional. Hal ini karena melihat semangat dan kemampuan para peserta yang ikut dalam pelatihan kali ini.

Baca Juga: Arab Saudi Membuka Kembali Layanan Ibadah Umrah Bagi Jamaah Indonesia, Kemenag Pamekasan Bersiap

Peserta pelatihan pembuatan songkok di Pamekasan. (Hendri Dwi K)

“Saya dengan senang hati mengajarkan kepada para peserta untuk membuat songkok batik karena para peserta sudah paham dan lumayan cepat mahir dalam pembuatan songkok nasional, saya benar-benar kagum sama peserta kali ini,” pungkasnya lebih lanjut.

Namun peserta masih bingung mengenai masalah pemasaran produk hasil karya para peserta pelatihan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta yaitu Maskur, yang meminta kepada pendamping pelatihan untuk sekiranya bisa dicarikan solusi.

Halaman:

Editor: Ayu Nida

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X