• Senin, 24 Januari 2022

Selain Paru-Paru, Organ Tubuh ini Cepat Rusak Karena Kebiasaan Merokok Kata dr Saddam Ismail

- Minggu, 14 November 2021 | 09:52 WIB
 Bagian tubuh yang cepat rusak akibat kebiasaan merokok menurut dr Saddam ismail. (YouTube/dr Sadam Ismail)
Bagian tubuh yang cepat rusak akibat kebiasaan merokok menurut dr Saddam ismail. (YouTube/dr Sadam Ismail)
KABAR RAKYAT – Selain paru-paru, ada beberapa bagian anggota tubuh yang akan cepat rusak karena kebiasaan merokok. Dr Saddam Ismail menyebut setidaknya ada tujuh anggota tubuh yang rentan rusak akibat asap rokok.
 
Menurut dr Saddam Ismail secara keseluruhan kebiasaan merokok dalam merusak banyak anggota tubuh. Ini akan terjadi secara perlahan-lahan dan tanpa disadari oleh si perokok. Akan tetapi menurutnya memang ada beberapa bagian atau organ tubuh yang paling cepat rusak karena kebiasaan merokok
 
Di Indonesia orang yang merokok itu jumlahnya banyak. Paling banyak penikmat rokok adalah laki-laki baik, usia remaja, dewasa atau tua. Perempuan juga ada yang merokok namun jumlahnya sedikit disbanding kaum laki-laki.
 
Walaupun di bungkus rokok sudah tertera peringatan bahaya merokok seperti ‘Merokok Dapat Menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi dan Gangguan Kehamilan dan Janin’, kemudian diganti ‘Merokok Bisa Membunuhmu’ tetapi banyak yang tidak peduli walaupun juga diberi gambar yang seram-seram di bungkus rokok.
 
Dilansir Kabarrakyat dari Kanal youTube Saddam Ismail, efek negatif rokok tidak langsung terjadi seketika, namun secara perlahan-lahan dan tanpa disadari.
 
“Kalau bagian tubuh sudah rusak, maka tidak bhisa diperbaiki seperti semula,” ujar dr Saddam Ismail.
 
Berikut tujuh organ atau bagian tubuh yang cepat rusak karena kebiasaan merokok menurut dr Saddam Ismail, yakni :
  
1. Mulut
 
Dijelaskan dr Saddam Ismail, racun rokok bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan di mulut. misalnya gigi yang menguning, gusi yang menghitam, lidah saat mengecap makanan sensasinya menurun. 
 
“Lama-lama kondisi tersebut bisa berpengaruh yang lebih parah lagi misalkan terjadinya kanker mulut, kanker lidah, semua itu terjadi perlahan,” jelasnya. 
 
2. Tenggorokan
 
Tidak hanya mulut saja, tenggorokan juga cepat rusak karena kebiasaan merokok jaringan tenggorokan bisa rusak karena kebiasaan ini.
 
“Parahnya lagi bisa menyebabkan kanker tenggorokan, 93 persen kasus kanker tenggorokan disebabkan  oleh kebiasan merokok atau perokok. Mungkin pernah melihat gambar di bungkus rokok atau di TV atau di sosial media, tenggorokannya bolong, kesulitan bicara itu terjadi karena efek rokok jadi memang perlu diwaspadai,” katanya.
 
3. Paru-Paru
 
Dipaparkan dr Saddam Ismail, Paru-paru lama-lama bisa cepat rusak kalau kebiasaan merokok tidak dihentikan. Dalam kondisi normal paru-paru diisi dengan udara bersih, udara sehat, udara yang kaya oksigen. Jika diisi dengan asap rokok maka lama-kelamaan akan mempengaruhi sel di paru-paru, permukaan paru-paru, Mukosa paru-paru yang akhirnya bisa batuk, keluar lendir, sesak napas, cepat lelah.
 
“Itu karena bagian paru-paru sudah mengalami kerusakan, Jadi rokok itu musuh paru-paru,” paparnya.
 
“Selain itu beresiko mengalami penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), Pneumonia, Emfisema, Bronkitis, ataupun penyakit paru lainnya. Kemudian tidak menutup kemungkinan mengalami kanker paru-paru, jadi memang harus hati-hati,” imbuh dr Saddam Ismail.
 
4. Kulit
 
Kulit juga cepat rusak akibat kebiasaan merokok. Kulit akan tampak keriput, tampak kusam, termasuk bagian wajah, bibir semuanya pasti berpengaruh. Ini diakibatkan karena rokok itu berpengaruh ke seluruh tubuh, yang harusnya oksigen yang didistribusikan ke tubuh sehat, tapi karena ada kandungan zat kimia akibat rokok maka bisa mempengaruhi kulit menjadi tampak tua, tampak kusam, padahal usia masih muda. 
 
5. Otak
 
Orang yang merokok berfikir bisa menenangkan, bisa menghilangkan stres, bikin tenang, padahal ini efeknya sementara. Efek buruknya bisa terjadi kerusakan di otak. Seperti kerusakan pembuluh darah di otak akibat rokok, bisa mengalami Anueurisma Otak, otaknya lama-lama bisa pendarahan karena pecah pembuluh darah yang akibatnya nanti mengalami stroke.
 
“Sebenarnya pembuluh darah ini rusak akibat trokok tidak terjadi di otak saja, tapi bisa ke seluruh tubuh,” katanya.
 
6. Jantung
 
dr Saddam Ismail Jantung menyebutkan bahwa jantung akan cepat rusak kalau merokok secara rutin. Ini disebabkan karena zat-zat beracun masuk ke pembuluh darah, kemudian dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh, kemudian balik lagi ke jantung dan bisa mempengarhui pembuluh darah di jantung.
 
“Kalau pembuluh darah di jantung bermasalah, memompa darahnya pun tidak bisa normal lagi, ini bisa menyebabkan berbagai penyakit jantung seperti jantung coroner,” tukas dr Saddam Ismail.
 
7. Tulang dan Sendi
 
Banyak yang berfikir tulang dan sendi kuat sehingga tidak ada hubungannya dengan merokok. Padahal kebiasaan merokok dapat mempengaruhi tulang dan sendi. 
 
“Bisa meningkatkan resiko peradangan, bisa mempengaruhi kesehatan tulang osteoporosis, karena rokok bisa menyebabkan tulang jadi rapuh,” pungkas dr Saddam Ismail.***

Editor: Ayu Nida

Sumber: Youtube dr Saddam Ismail

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPOM Resmi Setujui 5 Vaksin Covid-19 Sebagai Booster

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:13 WIB
X