• Selasa, 9 Agustus 2022

Hari Kesehatan Nasional, Gubernur Jatim: Mari Menjaga Pola Hidup Sehat

- Sabtu, 13 November 2021 | 04:46 WIB
Dok Hari Kesehatan Nasional tampak Gubernur Jatim Khofifah memantau kegiatan vaksinasi (Humprov Jatim for KabarRakyat.id)
Dok Hari Kesehatan Nasional tampak Gubernur Jatim Khofifah memantau kegiatan vaksinasi (Humprov Jatim for KabarRakyat.id)

KABAR RAKYAT, SURABAYA - Menjaga pola hidup sehat harus dilakukan dalam sehari-hari. Pesan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa disampaikan bertepatan Hari Kesehatan Nasional saat dilaksanakan di Grahadi, Surabaya.

Karena itu, Khofifah mengajak seluruh elemen masyarakat membiasakan menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya. Yakni dengan makanan bergizi, olahraga, menjaga kebersihan dan lingkungan, tidur cukup, memelihara kebersamaan, dan interaksi sosial.

"Pola hidup sehat merupakan wujud nyata mencintai diri sendiri," kata Gubernur Jatim, pada Jum'at (12/11)

Hari Kesehatan Nasional ditetapkan pemerintah pada tahun 1964. Kala itu, pemerintah bekerja keras melawan wabah malaria yang muncul sekitar 1950. Ratusan ribu jiwa masyarakat Indonesia terkena wabah tersebut. Pada 1959, pemerintah membentuk dinas pembasmian malaria.

Baca Juga: Bantuan Modal Sembako untuk 270 Pedagang Kecil di Bondowoso, H Tohari: Tidak Dikonsumsi Tapi Dijual Lagi

Empat tahun kemudian, nama dinas diubah menjadi Komandi Operasi Pemberantasan malaria atau KOPEM. Pemerintah Indonesia bersama WHO dan USAID menarget malaria hilang pada 1970. Namun, pada 1963, sekitar 63 juta penduduk Indonesia sudah terlindungi dari penyakit malaria.

Atas keberhasilan itu, pemerintah menetapkan 12 November sebagai Hari Kesehatan Nasional. Pemerintah mengangkat temat Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku. Tema yang selaras dengan kondisi saat ini.

Karena itu, kesehatan menjadi unsur penting dalam mewujudkan Indonesia tumbuh. Seperti halnya, pola penanganan Covid-19 yang berjalan dengan kolaborasi dan sinergitas antar semua komponen saat ini.

Baca Juga: Tahapan Kampanye untuk Para Calon Peserta Pilkades 2021 Dibatasi, Pemkab Lumajang: Semua Wajib Prokes

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Humas Provinsi Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X