Kubah dan Green Toilet Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Berkonsep Pro Environment

- Jumat, 12 November 2021 | 04:59 WIB
Kubah baru Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (Humprov Jatim for KabarRakyat)
Kubah baru Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (Humprov Jatim for KabarRakyat)

KABAR RAKYAT, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Kubah dan Green Toilet serta tempat wudlu Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS).

Peresmian keduanya ditandai dengan penandatanganan prasasti didampingi Imam Besar Dr KH Ridwan Nasir, Ketua Baznas Jatim M Roziqi dan Ketua Badan Pengelola MAS H M Sudjak serta Ketua PWNU Jawa Timur KH. Marzuki Mustamar.

Peresmian Green Toilet dan tempat wudlu sendiri merupakan pengembangan Green Toilet zona 1 yang juga telah diresmikan oleh Khofifah pada 2020 lalu. Saat itu, Khofifah meresmikan Green Toilet zona 2, 3 dan 4.

Sehingga, dari total 4 zona Green Toilet yang terdapat di MAS, memiliki jumlah kran wudhu sebanyak 539 kran, kamar mandi sebanyak 35 ruang, WC sebanyak 41 unit, Urinoir sebanyak 43 unit, Wastafel 2unit dengan sistem pro environment.

Baca Juga: Bantu Penyandang Disabilitas Lebih Mandiri,Banyuwangi Salurkan Bantuan Kaki Palsu

Pembangunan Green Toilet dan tempat wudlu sendiri diinisiasi Khofifah yang menginginkan toilet di dalam Masjid harus indah, baik dan bersih. Tujuannya yakni agar umat yang beribadah menjadi lebih nyaman dan tenang.

Ketua Muslimat NU ini juga menyampaikan, ide adanya Green Toilet di MAS ini, merupakan pengalamannya saat mengunjungi Masjid di Bandar Sri Begawan - Brunei. Di masjid tersebut, terdapat ornamen indah di dalam dan di luar masjid, termasuk di area toiletnya.

"Paling tidak di bawah (Green Toilet) sudah cukup indah dan bersih serta bisa menjadi bagian referensi bagaimana format masjid dengan suasana indah dan disupport toilet bersih dan indah sehingga menambah nyaman dan khusyu'nya jama'ah," kata Khofifah.

Baca Juga: Ngaku Jadi Korban Penipuan Modus Arisan Online, Para Ibu Rumah Tangga Lapor ke Polresta Banyuwangi

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Humas Provinsi Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X