• Minggu, 22 Mei 2022

Mengerikan, Detik-Detik Longsor di Palopo Terekam Kamera, Teriakan Seorang Ibu jadi Sorotan

- Kamis, 11 November 2021 | 10:00 WIB
Detik-Detik Longsor di Palopo Terekam Kamera, Teriakan Seorang Ibu jadi Sorotan (Instgram @andreli48)
Detik-Detik Longsor di Palopo Terekam Kamera, Teriakan Seorang Ibu jadi Sorotan (Instgram @andreli48)
KABAR RAKYAT – Musibah longsor terjadi di Keluarahan Battang, Kecamatan Wara Barat, Palopo, Sulawesi Selatan pada Rabu 10 November 2021. Seorang warga berhasil mengabadikan momen mengerikan ambrolnya sebuah tebing akibat longsor.
 
Musibah longsor tersebut bukan yang pertama kali terjadi di Kota Palopo. Beberapa hari sebelumnya longsor juga terjadi. Material longsor juga  menutup akses jalan utama.
 
Dilansir Kabar Rakywt dari akun Instagram @andreli48, longsor itu terjadi pada sekitar pukul 14.40 WITA. Dalam keterangan di Instagram itu tertulis ‘Breaking News, detik-detik lonsor di Battang terekam kamera warga, Baru saja terjadi bencana tanah longsor di kelurahan Battang, Kota Palopo, Insiden ini terjadi tepatnya pada KM 13 sekira 14.40 WITA. Hari ini 10/11 di kelurahan Battang Kecamatan Wara Barat, Palopo’.
 
Dalam video berdurasi 1 menit tersebut tampak beberapa warga yang menyaksikan detik-detik longsor terjadi pada sebuah tebing. Lokasi para warga itu tidak cukup jauh dari lokasi kejadian. 
 
Santainya warga dengan tidak menjauh dari lokasi lonsor memantik komentar dari warganet. Di kolom komentar tersebut akun @arztom menyampaikan keheranannya.
 
“Warga +62 eman amazing, bahaya di depan mata, masih santuy,” tulis @arztom.
 
Dalam video yang sudah mendapat like 240 kali tersebut warganet juga menyoroti suara teriakan dari seorang ibu yang memanggil-manggil anaknya yang bernama Jupen. Beberapa kali sang Ibu menyuruh anaknya pulang.
“Jupeen, pulang kau Jupen, laa ilaahaillallah, astaghfirullah,” begitu teriak sang ibu.
 
Warganet lain juga menyoroti terikan sang Ibu yang menyuruh anaknya, Jupen, segera pulang.
 
“Kok malah ditonton, jupeen pulang,” tulis @sylviaulfa17.
 
“Jupeen, pulang kau Jupeen,” tulis @petrikpinson.
 
Disebutkan akibat longsor tersebut menutup akses jalan yang menghubungkan Kota Palopo dan Toraja Utara. Dilaporkan juga akibat longsor tersebut satu musholla Al-Ikhhlas Mappatongko ikut tertimbun tanah longsor.
 
Lonsor di Palopo cukup sering terjadi. Dilansir kabarrakyat dari lama bnpb.go.id, tahun lalu di desa Battangbarat Kecamatan Wara Barat Kota Palopo juga terkena longsor. Laongsor dipicu oleh intensitas hujan tinggi dan struktur tanah yang labil.
 
Meski tidak ada korban meninggal dunia akibat longsor tersebut, namun akses jalan antara Palopo dan Toraja Utara terputus akibat material longsor. Tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) juga telah mengeluarkan peta zona kerentanan gerakan tanah. Ditunjukkan dalam peta tersebut bahwa Kota Palopo  termasuk wilayah menengah hingga tinggi yang berpotensi longsor. ***

Editor: Ayu Nida

Sumber: BNPB, Instgram @andreli48

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X