• Senin, 24 Januari 2022

7 Cara Mudah dan Murah Agar Usus Sehat Menurut dr Saddam Ismail

- Rabu, 10 November 2021 | 09:13 WIB
7 Cara Mudah dan Murah Agar Usus Sehat Menurut dr Saddam Ismail (YouTube/@Saddam Ismail)
7 Cara Mudah dan Murah Agar Usus Sehat Menurut dr Saddam Ismail (YouTube/@Saddam Ismail)
KABAR RAKYAT – Usus manusia terdiri dari usus besar dan usus kecil. Usus ini mempunyai peranan yang penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika usus sehat, maka sistem pencernaan juga sehat sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.
 
Akan tetapi jika usus bermasalah maka tubuh akan berpengaruh keseluruhan. Misalnya sus mengalami sakit Diare, Disentri, atau Demam Tipoid, maka tentu tubuh akan berpengaruh karena jika usus sakit maka kekebalan tubuh akan menurun dan penyerapan nutrisi dan gizi tidak maksimal. 
 
Dalam merawat kesehatan usus tidak harus mengeluarkan biaya besar dengan membeli obat yang mahal, namun juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan murah. Jika rutin dilakukan, maka cara mudah dan murah itu akan efektif membantu pencernaan usus dan sebagai detoks dengan membersihkan usus dari sisa-sisa kotoran yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh.
 
Dinasir Kabar Rakyat daru kanal YouTube Saddam Ismail, ada 7 cara yang mudah dan murah agar usus sehat, Yakni : 
 
1. Buah-Buahan
 
Menurut dr Saddam Ismail, mengkonsumsi buah-buahan bagus untuk membersihkan pencernaan, membersihkan usus dan menjaga kesehatannya. Alasannya adalah buah-buahan mengandung tinggi serat dan kaya vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh
 
“Misalkan buah lemon, ini kaya Vitamin C, punya Antioksidan yang tinggi jadi membantu untuk segera membuang kotoran. Contoh lain Buah Alpukat, buah ini kaya lemak sehat bisa membantu mencegah dan menghindari racun menempel di dinding usus supaya racun tidak berkembang,” ujarnya.
 
2. Air Putih
 
Dengan minum air putih 8 gelas atau 2 liter sehari dapat membantu menjaga kesehatan usus. Dampak buruk akibat kurang minum air putih adalah bisa dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan, bisa mengalami sembelit atau susah buang air besar sehingga terjadi penumpukan kotoran di usus besar.
 
“Ingat air putih, bukan minuman bersoda atau minuman kemasan lainnya,” terang dr Saddam Ismail
 
3. Makanan Difermentasi
 
Jenis makanan yang difermentasi biasanya rasanya sedikit asam. Dr Saddam Ismail mencontohkan Kimchi, Tape, Yogurt. Ketiga makanan tersebut bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, membantu perkembangan bakteri baik serta membantu mengeluarkan kotoran di dalam usus
 
4. Sayuran Hijau
 
Sayuran hijau sangat bagus untuk kesehatan usus. Usahakan setiap hari ada menu sayuran hijau walaupun sedikit. Sayuran hijau ini kaya Antioksidan, Vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.
 
“Sayuran hijau juga tinggi serat, membantu membuang kotoran di usus dan menjaga kesehatan dinding usus. Sebaiknya direbus, jangan digoreng, kalau ditumis pakai minyak zaitun sedikit saja supaya nutrisi tetap terjaga,” papar dr Saddam Ismail.
 
5. Psyllium Husk
 
Psyllium Husk ini merupakan jenis tanaman herbal yang bagus untuk pencernaan dan membantu menurunkan kolesterol. Cara makannya tuangkan air panas ke dalam mangkok yang berisi Psyllium Husk, kemudian beri garam dan diamkan terlebih dahulu beberapa menit kemudian langsung disantap. 
 
“Pastikan kalau menyantap ini sediakan air minum karena rasanya agak serat biar tidak macet di tenggorokan,” katanya.
 
6. Chia Seed
 
Chia Seed atau Biji chia biasanya banyak diminum saat program diet. Ini berfungsi sebagai detoks pencernaan dan membantu membersihkan usus. Memang rasanya hambar tapi bisa mengkonsumsinya dengan campuran Oat Meal ataupun di Yogurt.
 
“Biasanya biji Chia ini direndam di air ataupun di susu, biar tidak terlalu hambar rasanya, ini banyak sekali dijual di pasaran,” ujar dr Saddam Ismail
 
7. Kefir dan Kombucha
 
Kefir dan Kombucha termasuk teh yang bagus untuk bakteri baik, mikroorganisme, membantu sistem kekebalan tubuh, serta membantu detoks pencernaan supaya usus bersih dan sehat.
 
“Tujuh poin cara tersebut bagus untuk membantu kesehatan usus, terhindar dari zat-zat berbahaya jadi sudah enggak perlu cara mahal untuk menjaga kesehatan, tidak perlu pakai obat,” pungkas dr Saddam Ismail. ***
 

Editor: Ayu Nida

Sumber: YouTube Saddam Ismail

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPOM Resmi Setujui 5 Vaksin Covid-19 Sebagai Booster

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:13 WIB
X