• Senin, 24 Januari 2022

Dinkes Banyuwangi Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit Demam Berdarah

- Kamis, 4 November 2021 | 17:04 WIB
Imbauan Pemberantasan Sarang Nyamuk.kominfo jatimprov.go.id
Imbauan Pemberantasan Sarang Nyamuk.kominfo jatimprov.go.id

KABAR RAKYAT,BanyuwangiDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebarkan nyamuk Aedes aegypti seiring dengan datangnya musim hujan.

Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Banyuwangi, Sudarto Setyo mengatakan, upaya pencegahan demam berdarah yang paling efektif adalah dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN) karena bisa memutus rantai perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.

"Dengan membersihkan genangan air yang bisa memunculkan jentik nyamuk Aedes aegypti. penyebab penyakit demam berdarah," ucap Sudarto, Kamis 04 Nopember 2021.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Mobil Melaju Kencang Hingga Tabrak Pembatas Jalan

Sudarto menyebut, genangan air yang tidak kontak dengan tanah akan menjadi tempat perindukan berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti.

"Itu yang menjadi indikator, biasanya kalau hujannya sporadis tidak terus-terus seperti sekarang. Hujan panas, hujan panas, akan berdampak pada berkembangnya penyakit DBD," ungkapnya.

Dalam mengendalikan penyakit ini, Dinkes Banyuwangi telah menyiapkan siasat. Diantaranya dengan menggalakkan Gertak PSN (Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk).

Baca Juga: Vanessa Angel Tewas Kecelakaan, Pedangdut Asal Banyuwangi Tulis Satu Kata Ini

Kegiatan Gertak PSN ini biasanya rutin dilakukan setiap hari Jumat oleh warga bersama perangkat desa, dan kader pemantau jentik.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPOM Resmi Setujui 5 Vaksin Covid-19 Sebagai Booster

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:13 WIB
X