• Kamis, 7 Juli 2022

Bertemu di Glasgow, Menteri PUPR Perkuat Kerjasama Insfratruktur dan Teknologi Informasi dengan Korea Selatan

- Kamis, 4 November 2021 | 13:27 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Korea Selatan Han Jeoung-ae (Instagram: @kemenpupr)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Korea Selatan Han Jeoung-ae (Instagram: @kemenpupr)

KABAR RAKYAT, Nasional - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono temui Menteri Lingkungan Korea Selatan Han Jeoung-ae, dalam agenda pelaksanaan Conference of the Parties (COP) ke-26 yang telah memasuki hari ketiga di Glasgow, Skotlandia, Rabu 3 Nopember 2021.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Basuki menyampaikan rencananya untuk mengunjungi Korea Selatan pada akhir tahun 2021 ini untuk melihat beberapa proyek smart city, diantaranya Smart Village di Eco Delta City, Songdo City dan Sejong City.

"Saya tertarik untuk mempelajari bagaimana kota-kota baru itu dibangun dari awal, bagaimana konsep kota pintar dapat diimplementasikan," ujarMenteri Basuki dikutip melalui Instagram resmi @kemenpupr Kamis, 4 Nopember 2021.

Baca Juga: Pameran Seni Lukis ArtOs Meriahkan HARJABA ke- 250, Bukti Perjuangan Pahlawan

Menteri Basuki juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Lingkungan Korea Selatan atas dukungan terhadap Indonesia untuk memperkuat kerja sama infrastruktur, termasuk ahli bendungan yang dirasa sangat membantu pembangunan di Indonesia.

"Kerjasama lainnya terkait pengembangan infrastruktur berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK/ICT), khususnya teknologi Advanced Hydrologic Measurement dan Pilot Project Smart Water Management Denpasar," kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki menyatakan bahwa Kementerian PUPR ingin banyak mempelajari pengalaman Korea di atas sehubungan dengan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. 

Baca Juga: Akhirnya Gubernur Khofifah Buka Suara Terkait Musibah Perahu Terbalik di Bojonegoro

Menteri Basuki dalam pertemuan tersebut juga menyampaikan rencananya untuk pengembangan pemanfaatan bendungan untuk sumber energi terbarukan, seperti halnya pemanfaatan tenaga hidro dan pemasangan panel surya di bendungan untuk menghasilkan energi listrik. ***

Editor: Hariyadi

Sumber: Instagram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

NKRI Resmi Memiliki Tiga Provinsi Baru di Papua

Jumat, 1 Juli 2022 | 09:30 WIB
X