• Jumat, 27 Mei 2022

Dr Saddam Ismail Ungkap Makanan Meningkatkan Daya Ingat Otak, Salah Satunya Cokelat

- Senin, 1 November 2021 | 09:08 WIB
Dr Saddam Ismail Ungkap Makanan Meningkatkan Daya Ingat Otak, Salah Satunya Cokelat (YouTube/@Saddam Ismail)
Dr Saddam Ismail Ungkap Makanan Meningkatkan Daya Ingat Otak, Salah Satunya Cokelat (YouTube/@Saddam Ismail)
KABAR RAKYAT - Otak merupakan organ yang vital. Otak dapat mengatur memori daya ingat, mengontrol tekanan darah, mengatur pernapasan dan sebagainya. Namun otak punya keterbatasan, yakni tidak bisa melawan proses alamiah di dalam tubuh atau penuaan dini.
 
Semakin tua seseorang, maka semakin lupa itu merupakan hal yang normal. Yang tidak normal ketika usia masih muda namun sudah menjadi pelupa. Namun dengan mengkonsumsi makanan dan pola hidup yang sehat, maka dapat mempertajam daya ingat walaupun bertambahnya usia.
 
Dr Saddam Ismail menyebut beberapa makanan yang dapat mempertajam daya ingat walau usia bertambah. Dilansir Kabar Rakyat dari unggahan kanal YouTube Saddam Ismail, ada beberapa makanan yang cocok dikonsumsi untuk meningkatkan daya ingat otak, yakni :
 
1. Kacang Tanah atau Selai Kacang
 
Kacang tanah atau selai kacang menurut dr Saddam Ismail mengandung lemak yang sehat, dan vitamin E. kedua kandungan itu bagus untuk otak, bisa meningkatkan daya ingat otak, serta mempertajam daya ingat.
 
“Mengkonsumsi kacang tanah yang bagus itu direbus atau dikukus, ataupun bisa selai kacang yang bebas gula. Kalau kacang tanah yang direbus atau dkukus boleh jadikan cemilan ataupun yang selai kacang mengmonsumsinya dengan roti,” ujar dr Saddam.
 
2. Buah Blueberry
 
Buah Blueberry kaya kandungan vitamin dan tinggi anti oksidan. Anti oksidan tersebut bisa menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan otak. Selain itu buah blueberry juga bisa meningkatkan daya ingat dan mempertajam memori.
 
3. Kopi
 
Kopi bisa membantu meningkatkan daya ingat ataupun memori. Namun dengan catatan jangan mengkonsumsi dengan gula serta jumlah yang tidak berlebihan. 
 
“Terlalu berlebihan juga jelek, misalnya pagi, siang, sore dan malam, dan jangan pakai gula. Kopi ini bisa membantu meningkatkan daya ingat ataupun memori,” kata dr Saddam
 
4. Ikan
Ikan laut bagus untuk meningkatkan daya ingat otak. Antara lain jenis ikan tuna, ikan makarel, ikan salmon atau ikan laut lainnya yang mengandung asam lemak omega 3. Kandungan tersebut bisa mempertajam otak dan meningkatkan daya ingat otak. DHA atau docosahexaenoic di dalam ikan juga bagus untuk fungsi normal neuron dari otak.
 
“Mungkin pernah melihat iklan di TV, iklan DHA, di iklan tersebut membantu mencerdaskan otak anak, jadi memang DHA ini bagus untuk kesehatan otak,” terang dr Saddam
 
5. Buah Alpukat
 
Buah Alpukat mengandung lemak yang sehat dan vitamin E. selain mampu meningkatkan daya ingat otak, lemak sehat dan vitamin E di dalam buah alpukat juga bisa menjaga kesehatan pembuluh darah, membuat kolesterol menjadi normal, sehingga suplai darah ke otak juga jauh lebih baik.
 
6. Cokelat
 
Cokelat banyak disukai anak muda. Namun menurut dr Saddam Ismail, cokelat yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya ingat otak adalah cokelat yang tanpa tambahan gula. 
 
“Cokelat mengandung anti oksidan yang tinggi sehingga bagus untuk otak. Tetapi hati-hati bagi orang yang memiliki lambung sensitif, takutnya kalau mengkonsumsi cokelat malah jadi kambuh,” katanya.
 
7. Kwaci Atau Biji Bunga Matahari
 
Kwaci atau biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E , mineral dan vitamin yang bagus untuk menginkatkan daya ingat otak. Namun jangan konsumsi secara berlebihan.
 
8. Bayam dan Brokoli
 
Bayam dan brokoli mMengandung vitamin E, asam Folat sehingga sangat bagus untuk mempertajam daya ingat. Menjadikan bayam dan brokoli dalam menu keseharian juga dianjurkan karena kandungan vitamin E dan Asam Folat bagus untuk tubuh.
 
9. Apel 
 
Makanlah buah apel dengan kulitnya. Sebab kulit apel juga mengandung antioksidan dan Quercetine yang dapat membantu mencegah penurunan daya ingat
 
“Tapi dicuci bersih dulu sebelum makan,” kata dr Saddam.
 
10. Bawang 
 
Bawang merah atau bawang putih juga dapat membantu mempertajam memori meningkatkan daya ingat otak.
 
 
Dijelaskan dr Saddam Ismail lebih lanjut, selain mengkonsumsi makanan yang meningkatkan daya ingat otak tersebut, diwajibkan olahraga. Sebab jika tidak diimbangi dengan olah raga, maka akan percuma. 
 
“Karena dengan olah raga, akan memperlancar peredaran darah, mengurangi hormon stress dan memperbaiki metabolisme tubuh,” pungkas dr Saddam Ismail. ***

Editor: Ayu Nida

Sumber: YouTube Saddam Ismail

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X