• Selasa, 9 Agustus 2022

Sekjen PBB Serukan Stop Kudeta di Sudan dan Kembali ke Konstitusional yang Sah

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 19:33 WIB
Ilustrasi, PBB menyerukan stop kudeta di Sudan, saatnya kembali ke konstitusional yang sah (Pixabay / edgarwinkler / 71 images)
Ilustrasi, PBB menyerukan stop kudeta di Sudan, saatnya kembali ke konstitusional yang sah (Pixabay / edgarwinkler / 71 images)

KABAR RAKYAT, INTERNASIONAL - Para jenderal militer Sudan didesak untuk membatalkan kudeta terhadap negaranya. Desakan itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres pada Minggu, 31 Oktober 2021.

Sehari setelah puluhan ribu warga Sudan turun ke jalan dalam protes pro-demokrasi terbesar sejak penggulingan pekan lalu, lantas datang seruan pembatalan kudeta oleh PBB terhadap jenderal militer.

Semestinya para jenderal militer Sudan harus "memperhatikan" protes warga pada hari Sabtu tersebut. Demikian dikatakan Sekjen PBB Antonio Guterres.

Baca Juga: Preview Big Match Serie A: AS Roma vs AC Milan Pekan 11 Dini Hari Nanti 1 November 2021

"Saatnya untuk kembali ke pengaturan konstitusional yang sah," kata Sekjen PBB dalam sebuah cuitan, mendesak militer membatalkan kudeta pemerintah Sudan, dilansir KabarRakyat.id mengutip Pikiran-Rakyat.com dari The Washington Post.

Dia merujuk pada kesepakatan pembagian kekuasaan yang membentuk pemerintahan militer-sipil bersama setelah penggulingan otokrat lama Omar al-Bashir dan pemerintah Islamnya pada April 2019.

Antonio Guterres menyatakan keprihatinannya tentang kekerasan terhadap pengunjuk rasa pada hari Sabtu, menyerukan agar para pelaku dimintai pertanggungjawaban.

Baca Juga: Perbandingan Fitur iPhone 13 Pro vs Samsung Galaxy A52 S 5G, Produk Apa yang Terbaik?

Diketahui, setidaknya tiga orang ditembak mati ketika pasukan keamanan menembaki pengunjuk rasa di Omdurman, sebuah kota yang berdekatan dengan ibu kota Khartoum, Sudan.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Sumber: Pikiran Rakyat, The Washington Post

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X